Holaaaa agan sista, balik lagi sama ane yang udah lumayan lama ga’ eksis di kaskus. Hari ini ane mau bagi- bagi tips tentang bagaimana mencetak katalog agar dapat menarik pasar alias pelanggan cuy. Ini juga bisa agan jadiin sebagai strategi marketing perusahaan yang emang lagi merintis usaha bisnis. Kalau dulu, katalog biasanya berbentuk dalam bentuk hard copy atau buku, sekarang ada juga loh dalam bentuk elektonik alias katalog online. [tapi itu ane bahas di trit selanjutnya aja deh]. Sebelumnya kenalan dulu yuk sama arti katalog itu apa? Simak Dimari!
Spoiler for Pengertian Katalog:
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalatog adalah carik kartu, daftar atau buku yang memuat nama benda dan informasi tertentu. Disampaikan atau disusun secara berurutan, teratur dan alfabetis. Dalam dunia bisnis sendiri, katalog sangat dibutuhkan sebagai media promosi yang menarik. Katalog bisnis biasanya memuat dan menampilkan daftar barang dilengkapi nama produk, foto produk, keterangan harga, kualitas dan bisa jadi dicantunkam cara pemesanan produk.
Baik perusahaan mapan atau untuk perusahaan pemula yang ingin mencetak katalog, ane saranin agan untuk mateng- mateng pertimbangin dari segi proses pencetakan katalog. Biasanya kelemahan pencetakan katalog adalah ketika merancang katalog bisnis menjadi sebuah contoh promosi yang tepat sasaran.
Spoiler for TIPS:
Berikut adalah tips mencetak katalog bisnis yang berkualitas:
Spoiler for 1:
Pastikan katalog yang agan buat mencerminkan identitas merk. Desain katalog seperti garis, bentuk, gambar dan tipografi harus memiliki gaya tertentu. Sesuaikan dengan nilai- nilai yang mewakili perusahaan. Terlebih agan harus berani berbeda mendesain katalog, sehingga lebih variatif dan tidak monoton seperti katalog pada umumnya.
Spoiler for :
Spoiler for 2:
Format katalog bisnis umumnya terdiri dari front cover, Inside front cover, isi, back cover. Front cover atau sampul halaman depan terdapat logo tagline, volume yang merupakan hal terpenting untuk menarik perhatian calon pelanggan. Inside front cover atau bagian dalam sampul alangkah baiknya jika terdapat daftar isi. Isi atau internal pages merupakan informasi penting dari inti katalog (terdapat telepon, fax, email, situs web). Halaman belakang atau back cover terdapat logo, alamat pengirim, informasi kontak, kadang-kadang tercantum beberapa produk utama atau produk promo.
Spoiler for 3:
Penelitian menunjukkan bahwa katalog bisnis dengan empat warna menghasilkan respons terbaik. Produk disajikan dalam penuh warna terlihat lebih menarik perhatian dan menghasilkan penjualan lebih dari desain katalog satu atau dua warna. Hanya dalam beberapa kasus pilih adalah penghematan biaya sederhana sehingga mencetak dengan satu atau dua warna dibenarkan. Gunakan hanya pantone, trumatch, atau CMYK untuk custom warna. Jangan gunakan RGB, HSL atau model warna tidak staganr. Agan dapat menarik perhatian dengan memberi tinta warna spot (misal logo atau contoh promosi dicetak dalam warna emas).
Spoiler for :
Spoiler for 4:
Menggunakan gambar atau foto untuk setiap produk. Sangat penting untuk menggunakan gambar produk masing-masing dengan tidak memiliki latar belakang dalam katalog. Sangat tidak disarankan menggunakan gambar dengan latar belakang terlalu ramai dengan produk lain, hal ini dapat menimbulkan tidak fokus pada suatu produk. Gambar menarik akan mendorong pelanggan untuk membaca deskripsi dan, kemudahan-kemudahan melakukan pembelian. Jika Agan melakukan pemotretan produk sendiri dengan kamera digital, set kamera pada resolusi tertinggi dan mengikuti protokol gambar produk, latar belakang jangan terlalu menonjol dan terang, tambahkan drop shadow untuk membuat efek 3D, dan mengupload minimal 300 dpi.
Spoiler for :
Spoiler for 5:
Memilih tipografi. Selain memperhatikan foto-foto produk, katalog harus menyertakan deskripsi yang jelas dari produk. Teks harus dapat dibaca, dan, untuk mencapai tujuan ini, penting untuk memilih tipografi yang tepat, sesuai dan menarik. Kami menyarankan tidak menggunakan lebih dari tiga jenis tipografi karena ini dapat menyebabkan kebingungan. Hal terbaik untuk dilakukan adalah dengan menggunakan font yang sama dalam berbagai ukuran, warna dan gaya untuk menagani perbedaan, sub judul atau bagian yang disorot dari teks.
Spoiler for :
Spoiler for 6:
Hindari membuat halaman terlalu sulit dan menyertakan formulir pemesanan. Jadi ketika menyajikan foto-foto yang kompleks, membatasi jumlah yang digunakan dan tampilkan dalam ukuran cukup besar dan jelas. Dikarenakan begitu banyak sebenarnya pemesanan dilakukan melalui telepon atau website perusahaan, beberapa calon pelanggan percaya bahwa formulir pemesanan tidak diperlukan. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa pembeli ingin menggunakan formulir pemesanan dicetak ke daftar dan mengatur pembelian dan mengumpulkan informasi yang mereka butuhkan.
Nah gimana gan, sudah tergambar?? kalau sudah tinggal praktek aja tuh yak..
jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen yang membangun. YES!!!
Dari Berbagai Sumber
0
1.3K
Kutip
4
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923KThread•83KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru