natla23Avatar border
TS
natla23
Beberapa Alasan Orang Tetap Menggunakan OS Windows XP


Tenggat waktu pengghentian dukungan Microsoft terhadap sistem operasi Windows XP semakin dekat. Lalu bakal seperti apa komputasi dengan Windows XP setelah 8 April nanti?

Menurut situs teknologi Neowin, setelah berhentinya dukungan Microsoft terhadap XP, artinya jika celah keamanan baru muncul di dalam sistem operasi yang telah berumur 13 tahun ini, maka Microsoft tidak akan merilis lubang tambalannya.

Artinya, jika Anda memiliki sistem yang menjalankan OS Windows XP, maka setelah 8 April nanti, kemungkinan serangan dari banyak malware akan terjadi. Bahkan saat ini mungkin para peretas sedang menyiapkan malware tersebut untuk dirilis.

Ramalan Neowin yang mengatakan bahwa setelah 8 April akan semakin banyak serangan terhadap XP juga memiliki dasar. Ibaratnya, jika peretas sudah tahu bahwa Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap XP, maka malware yang mereka ciptakan tak akan disebar saat ini juga.

Mereka pasti menunggu waktu yang tepat, yaitu setelah 8 April, waktu dimana Microsoft telah menghentikan segala bentuk dukungan terhadap OS Windows XP.

Dengan demikian, 9 April akan menjadi awal dari "kiamat Windows XP" alias masa dimana malware-malware baru Windows XP, yang sudah disiapkan sebelum, akan banyak bermunculan. Pada tanggal tersebut, jumlahnya diprediksi akan meningkat drastis.

Pengguna XP bisa saja mengandalkan aplikasi atau layanan pihak ketiga untuk menangkis serangan malware tersebut. Namun hal itu juga tidak menjamin keamanan sepenuhnya. Beberapa layanan tersebut juga memiliki tenggat waktu.

Selain itu, Microsoft juga telah menawarkan kepada perusahaan-perusahaan besar untuk menggunakan apa yang mereka sebut Extended Support untuk platform XP, namun harga yang ditawarkan Microsoft mahal.

Perusahaan perbankan bisa saja menghabiskan 100 juta ollar AS untuk menjaga dan melindungi mesin ATM mereka yang masih menggunakan Windows XP.

Banyak alasan dari pengguna mengapa mereka tetap memilih XP. Di antaranya, untuk apa upgrade ke Windows 7 atau 8 jika XP saja sudah cukup. Ditambah lagi saat ini masih banyak solusi anti-malware dari pihak ketiga yang beredar.

Apapun alasannya, Windows 7 dan 8 dibangun dengan arsitektur yang lebih modern dan bisa memanfaatkan hardware secara optimal. di samping itu, proteksi keamanannya dijamin langsung oleh Microsoft.




Windows XP adalah sistem operasi “tua” yang sudah berumur 12 tahun. Bahkan masa supportnya akan segera habis pada 8 April 2014 nanti. Namun herannya, sang legenda OS ini masih memiliki banyak sekali jumlah pengguna. Hingga saat ini Windows XP masih digunakan oleh 29.53 persen pengguna komputer di dunia, jumlah yang sangat besar untuk sistem operasi yang sudah berumur diatas 10 tahun.

Dengan habisnya masa support XP pada 8 April 2014 nanti, maka tidak akan ada lagi patch, bug fix, atau update yang dirilis untuk OS tersebut. Masalah security akan menjadi resiko isu utama para pengguna XP.

Jika kamu saat ini masih menggunakan Windows XP untuk keperluan sehari-hari dan ingin tetap bertahan menggunakan XP, WinPoin ingin tahu kenapa kamu memilih keputusan tersebut. Kenapa kamu menolak untuk melakukan upgrade ke OS Windows yang lebih baru dan memilih untuk tetap bertahan menggunakan XP?




Bagi Anda yang masih setia dengan sistem operasi Windows XP, bersiaplah untuk segera memperbaruinya. Sebab Microsoft akan menonaktifkannya pada 8 April 2014.

"Daya tahan Windows XP semakin melemah, dipastikan tidak ada lagi perpanjangannya," kata Windows Business Group Head Microsoft Indonesia Lucky Gani, di Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2013.

Menurut dia, pengguna Windows XP juga tidak mendapat fasilitas update secara offline. "Kalau tidak bisa lagi digunakan, itu merupakan risiko penggunanya," ujar dia.

Alasan lain tidak diperbaruinya sistem ini, menurut Lucky, karena usia Windows XP yang sudah uzur. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada 25 Oktober 2001.

Sebenarnya update sistem tersebut sudah dimatikan sejak 2009. Namun karena tingginya permintaan konsumen, maka update dilanjutkan kembali.

Adapun jumlah pengguna Windows XP di Indonesia kini turun dari 38 persen menjadi 31 persen dari total jumlah pengguna Windows. Namun Lucky tidak bisa menyebutkan angka pasti jumlah pengguna Windows di Tanah Air.



Mungkin beberapa dari kita masih memakai Windows XP ketimbang Windows 7, mengapa?
Beberapa Alasan bisa menjadikan mereka setia pada Windows XP, contohnya beberapa alasan berikut ini :


1. Lebih Ringan
Windows XP lebih ringan untuk komputer-komputer yang spesifikasinya rendah ketimbang Windows 7 yang memerlukan Spesifikasi tinggi.

2. Lebih Cepat
Untuk kinerja lebih baik, banyak yang berpendapat bahwa Windows XP lebih cepat, karena selain dari faktor ringan, karena ringan, spesifikasi yang dimintanya lebih sedikit ketimbang Windows 7.

3. Mudah
Karena Windows XP telah dikenal banyak orang, banyak sekali yang lebih paham/mengerti Windows XP ketimbang Windows 7 yang berubah banyak pada tampilan, fitur, dsb...

4. Murah
Kemungkinan para pengguna pengguna Windows XP yang budget rendah, lebih memilih Windows XP ketimbang Windows 7 yang harganya lebih tinggi.

5. Sederhana
Beberapa orang mungkin ingin tampilan komputer mereka sederhana saja, seperti Windows XP, sehingga mereka lebih nyaman pada Windows XP ketimbang Windows 7 yang bertampil banyak animasi serta agak mengkilau.

6.Kecocokan Perangkat Keras
Bagi pengguna komputer lama, atau mungkin motherboard dan hardware lainnya yang muncul jauh sebelum Windows 7 lahir, beberapa dari mereka lebih cocok pada Windows XP ketimbang Windows 7 karena hardware tidak memadai dari beberapa segi kekuatan dsb...

7. Untuk Bermain Permainan
Dalam pengalaman Gaming, banyak orang memilih Windows XP dari berbagai hal karena keringanan, sederhana, tidak ribet, mudah, dan juga fitur yang mungkin lebih dipahami jika terjadi suatu masalah, dan ataupun error, hang, blue screen of death, dsb...
Polling
0 suara
Bagai Gan? masih mau pake Windows Xp atau windows 7 atau 8?
0
7.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.