ladykasmirAvatar border
TS
ladykasmir
Yuk Mengenal Berbagai Sajian Lezat Khas Timur Tengah
Assalamualaikum
Ahlaaaaaaaaaaan anta wa anti semuanya
emoticon-Shakehand2
Apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiah dan selalu dalam lindungan Allah SWT emoticon-Malu (S)emoticon-Kiss (S)

Bulan puasa gini emang paling asyik kalo bahas makanan ye gan sis emoticon-Ngakak (S)
Nah, untuk menambah wawasan kaskuser disini, sekaligus pengen bikin perut agan2 tambah keroncongan (eh emoticon-Malu (S)) perkenankan ane mengulas beberapa hidangan khas Timur Tengah
Dijamin bakal pada ngileeeer deh emoticon-Big Grin

Yuk langsung aja ya ane kenalin atu atu emoticon-Malu (S)


1. Nasi Mandhi



Hah nasi Mandhi? Nasinya bisa mandi? emoticon-Takut (S)
wkwkwkwk bukan gan! nama Mandhi itu sendiri artinya adalah embun yang menggambarkan tekstur lembab dari nasinya. Nasi Mandhi ini berasal dari Yaman, warna nasi tidak begitu kuning seperti nasi kebuli melainkan seperti nasi putih dengan campuran rempah-rempah. Nasi mandhi memiliki aroma rempah-rempah yang kuat karena menggunakan banyak kapulaga, cengkih dan kayu manis, selain itu yang menjadi ciri khas dari nasi ini adalah aroma asap arangnya yang meresap kedalam nasi karena dimasak dan diungkep menggunakan arang sehingga menimbulkan sensasi tersendiri. Nasi Mandhi biasanya dimasak dengan daging ayam/kambing.


2. Nasi Kebuli



Nah kalo nasi yg satu ini pasti uda ga asing lagi kan ditelingi agan semua?
Nasi kebuli ini adalah hidangan nasi pedas berasal dari Yaman, yang dimasak dengan kaldu kambing, susu dan yoghurt. Warnanya cenderung kecoklatan karena menggunakan beraneka ragam bumbu dan rempah-rempah. Nasi Kebuli ini sangat terkenal di Indonesia, khususnya di Betawi. Bagi budaya Betawi biasanya disajikan saat perayaan agama Islam, seperti hari raya lebaran, idul kurban atau maulid Nabi. Nasi ini juga terkenal di kota-kota yg banyak warga keturunan Arab nya seperti Solo, Surabaya, Gresik, dan Pekalongan.


3. Pita Bread



Roti Pita adalah sebuah roti kosong bulat yang sering dimakan bersama berbagai macam masakan Timur Tengah. Kantung udara di dalam roti pita ini diciptakan oleh uap air yang mengembangkan adonannya. Ketika roti mendingin dan menipis, kantung udara terbentuk di bagian tengahnya. Tekturnya lembut dan rasanya sangat gurih!


4. Ful Medames



Ful Medames adalah hidangan yg berasal dari Mesir dan dimasak dengan bahan utama kacang tumbuk fava. Disajikan dengan minyak sayur, jinten, kapulaga, peterseli cincang, bawang putih, bawang merah, jus lemon dan cabai. Biasanya ful dimakan dengan roti, karena Ful Medames ini termasuk dalam menu untuk sarapan.

5. Hummus



Hummus adalah salah satu hidangan khas Timur Tengah yang sangat sehat. Hummus terbuat dari kacang garbanzo/tahini, buncis dan biji wijen yg dihaluskan sampai berbentuk seperti selai kacang. Hummus biasa dimakan bersama roti pita dan sedikit percikan jeruk lemon.

6. Tabbouleh/Tabouli



Naah, kalo yg ini adalah pecel/terancam-nya orang Timur Tengah emoticon-Big Grin
Termasuk kedalam jenis salad, Tabbouleh ini menggunakan isian tomat, peterseli cincang, daun mint, bawang bombay, bawang putih, daun selada dan dibumbui dengan minyak zaitun, jus lemon, serta garam. Rasa asam pada hidangan ini sangat dominan karena menggunakan banyak jus lemon.


7. Manakish



Ini nih pizza-nya orang Arab gan emoticon-Ngakak (S)
Makanan Arab yg populer ini terdiri dari adonan yg atasnya ditaburi dengan daun thyme, keju, dan daging. Penyajiannya bisa diiris atau dilipat, dan dapat juga disajikan untuk sarapan atau makan siang.


8. Kofta



Ini nih sate-nya orang Arab gan emoticon-Cool
Kofta ini terbuat dari daging yang telah sangat digiling halus dan dicampur dengan rempah-rempah seperti ketumbar, bawang putih, bawang merah, kunyit, jinten, kapulaga, pala lalu dibentuk bulat-bulat atau silinder dan ditusuk menggunakan tusuk sate. Kemudian dipanggang, dibakar atau bisa juga digoreng tergantung selera si juru masak.


9. Umm Ali



Umm Ali atau bisa disebut Om Ali emoticon-Ngakak (S) ini adalah salah satu hidangan penutup khas Arab.
Bisa dibayangkan jika di Indonesia Om Ali ini mirip2 dengan podeng roti tapi rasanya tentu berbeda karena penggunaan bahan dan bumbunya sangat jauh berbeda. Om Ali dibuat dengan menggunakan puff pastry yg dicampur dengan susu, kismis, kacang"an (almond, kenari, pistachio,dll), gula dan bubuk kayu manis lalu dipanggang. Bisa disantap saat hangat maupun dingin.


10. Syahi Halif



Syahi berarti teh. Syahi Halif adalah teh yg dimasak dengan kreamer/susu, sereh, gula merah, kayu manis, kapulaga dan cengkih.
Biasanya disantap saat berkumpul bersama keluarga atau saat sarapan pagi. Rasanya? Enaaaaaak bukan main! Kalo agan ingin mencoba sensasi berbeda menyantap teh bisa coba membuatnya. Sangat mudah kok, tidak membutuhkan keahlian khusus yg penting niat emoticon-Ngakak (S)


Oke, mungkin segini dulu yg bisa ane sampaikan di trit kali ini,
semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Kaskuser yg baik selalu meninggalkan jejak
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Mohon beri :
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Syukron emoticon-Kiss (S)
Wassalamualaikum emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.