• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ridwan Kamil dan Bandung Command Center ala Star Trek (KEREN ABIS!!)

karrachanAvatar border
TS
karrachan
Ridwan Kamil dan Bandung Command Center ala Star Trek (KEREN ABIS!!)
Ridwan Kamil dan Bandung Command Center ala Star Trek - Bandung Smart City (KEREN ABIS!!)






Rasanya seperti masuk ke dalam sebuah ruangan dalam film fiksi ilmiah. Ruangan didesain sangat futuristik dilengkapi 84 layar datar. Di depan layar terdapat panel dengan tiga layar monitor yang dilengkapi kursi moderen ala film Star Trek. Ruangan canggih itu bernama Bandung Command Center (BCC) yang berlokasi di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.




Pada ruangan yang berbentuk melengkung itulah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memegang kendali pemerintahan. Dengan Didukung fasilitas Global Positioning System (GPS) Tracking dan Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik rawan pelanggaran, orang nomor satu di Bandung itu bisa memantau situasinya melalui layar lebar.

Selain itu, BCC juga berfungsi sebagai bank data yang didapat dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung. Pria yang akrab disapa Emil itu bisa memantau progres kerja bawahannya dari BCC.

"Data dari SKPD bisa diupdate dari sini. Misalnya, data dari BPR untuk kredit melati, itu kan bagian Ekonomi yang sedang menghandle, nah bisa muncul di sini laporannya," ujar Kabid IT dan Telematika Diskominfo Kota Bandung, Sri Diandhini kepada detikcom.

Dengan adanya Command Center, pucuk pimpinan Kota Bandung tersebut memantau program-program dan kebijakan-kebijakannya dengan mudah. Sehingga jajarannya tidak bisa berbohong karena data akurat akan tersaji di ruangannya itu.

"Data yang ada di sini bisa dijadikan tolak ukur. Orang atau SKPD yang udah diberikan kewenangan oleh Pak Wali itu update atau tidak. Kan kadang-kadang kalau ditanya secara lisan bilang sudah dilakukan. Dari sini kan bisa dilihat, mana update-nya," terang Dhini, sapaan akrab Sri.

Lebih lanjut Sri menjelaskan, kata kunci dari Command Center ini adalah input data. Untuk itu pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada SKPD agar selalu mengupdate informasi dan inerja.

"Karena bagaimanapun canggih aplikasi, kalau yang update tidak ada, maka itupun tidak menjadi apa-apa," ungkapnya.

Bandung Command Center (BCC) adalah langkah Ridwan Kamil untuk mewujudkan smart city di kota Bandung. Selain BCC, masih ada tahapan lain yang harus ditempuh untuk mewujudkan Bandung menuju smart city. Tahap dua, masing-masing SKPD juga harus punya sistem smart city yang canggih. Hingga 2016 nanti keseluruhan akan disempurnakan pada tahap ketiga.

Pada tahap akhir diharapkan antinya masyarakat bisa mengakses layanan publik cukup melalui layanan telepon atau smartphone.

Courtesy :detik.com

keren yah gans, semoga kedepannya makin banyak pemimpin2 bangsa yang secerdas dan sekreatif beliau, amiiin emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Diubah oleh karrachan 03-07-2015 04:44
0
2.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.