Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jakmagetanAvatar border
TS
jakmagetan
[PRESTASI JOKOWI NIH]Naik 20%, Investasi Asing di Indonesia Tertinggi di Asean
Naik 20%, Investasi Asing di Indonesia Tertinggi di Asean
Reporter: Galih Gumelar, CNN Indonesia
Naik 20%, Investasi Asing di Indonesia Tertinggi di Asean
Logi PBB. (Johannes Simon/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- United Nations Conference Trade and Development (UNCTAD), sebuah organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), telah merilis laporan terbaru terkait investasi dunia yang dirangkum dalam World Investment Report 2015.

Laporan tahunan yang merangkum data penanaman modal asing (PMA) di tiap-tiap negara berkembang di dunia tahun 2014 tersebut menunjukkan bahwa Asia bagian Timur (terdiri dari Asia Timur dan Asia Tenggara) merupakan salah satu wilayah tujuan investasi asing terbesar di dunia. Dengan PMA sebesar US$ 381 miliar dan tingkat pertumbuhan sebesar 9,6 persen, kawasan Asia bagian Timur memiliki porsi 31 persen dari seluruh PMA yang terdapat di seluruh dunia.


Data tersebut juga menunjukkan bahwa Tiongkok masih menempati urutan pertama sebagai negara tujuan investasi asing terbesar di Asia bagian timur dengan nilai US$ 128,5 miliar. PMA Tiongkok terbilang meningkat 3,7 persen dibanding tahun sebelumnya, yang berada di kisaran angka US$ 123 miliar.

Kendati Tiongkok memiliki jumlah PMA terbesar, namun pertumbuhan PMA tertinggi justru terjadi di Hong Kong dengan pertumbuhan mencapai 39 persen, dari angka sekitar US$ 75 miliar di tahun 2013 mencapai US$ 103,3 miliar di tahun 2014. Dengan jumlah tersebut, Hongkong menempati urutan ke-dua sebagai negara dengan PMA terbesar di Asia bagian timur.

Sedangkan Indonesia sendiri mengalami kenaikan penanaman modal asing sebesar 20 persen ke angka US$ 22,6 miliar dari US$ 18,8 miliar dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan investasi asing di Indonesia ini merupakan yang tertinggi kedua di Asia Timur, sedangkan dari sisi nilai PMA merupakan yang terbesar keempat.

Jika difokuskan ke kawasan Asia Tenggara saja, pertumbuhan PMA Indonesia sebesar 20 persen ini merupakan yang tertinggi di antara negara lainnya. Pertumbuhan PMA di Singapura sendiri mencapai 4,2 persen meskipun jumlah PMA-nya sebesar US$ 67,5 miliar, atau tiga kali lipat lebih besar dari Indonesia.

Thailand sendiri mengalami penurunan pertumbuhan investasi sebesar 10,3 persen. Di sisi lain, Vietnam hanya berhasil membukukan investasi asing senilai 3 persen akibat kebijakan peningkatan upah minimum.

Lebih lanjut, laporan tersebut mengatakan bahwa pertumbuhan investasi asing di Indonesia paling banyak terjadi di kuartal III 2014, dimana sektor yang diminati antara lain pertambangan, transportasi dan telekomunikasi, logam, kimia dasar, serta farmasi. Di samping itu, PBB juga mencatat outlook yang bagus bagi investasi infrastruktur Indonesia akibat kebijakan pemerintah yang memperbolehkan pihak swasta untuk menggarap proyek pelabuhan dan jasa transportasi lainnya.

Selain itu, UNCTAD juga memprediksi akan banyaknya PMA sektor industri padat karya yang masuk ke Asia Tenggara akibat standar upah minimum yang lebih rendah dibanding Tiongkok. Hal ini terlihat dari PMA di sektor manufaktur Tiongkok yang menurun sebesar 33 persen dibanding tahun 2013, khususnya pada industri yang sensitif terhadap peningkatan upah buruh
http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20150625010145-92-62208/naik-20-investasi-asing-di-indonesia-tertinggi-di-asean/
Eh tahun 2014 yah??msh sby dong,maap pemirsa...
Gak apa2 yg penting nastakLGBT gagal crot emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
0
2.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.