selena.gemezAvatar border
TS
selena.gemez
pernah sakit kepala secara tiba-tiba! ini penyebabnyagan
SELAMAT DI THREAD SEDERHANA, SEMOGA SEMUA KASKUSER SELALU DIBERIKAN KESEHATAN




Ketika secara tiba-tiba Anda merasakan sakit kepala di tengah aktivitas padat, tentunya hal ini justru mengganggu setiap rencana yang sudah disiapkan.

Beberapa orang berasumsi sakit kepala sering terjadi saat cuaca panas atau musim kemarau. Namun, secara ilmiah Vincent T Martin MD, wakil presiden National Headache Foundation (NHF) mengatakan bahwa tidak ada diagnosis yang mengatakan bahwa cuaca panas bisa menyebabkan sakit kepala atau migrain.

Cuaca panas erat kaitannya dengan sinar matahari, terjadinya dehidrasi, alergi dan kelembapan udara yang bisa memicu terjadinya migrain. Secara keseluruhan, penyebab sakit kepala di saat cuaca panas atau musim kemarau karena beberapa kebiasaan.

Berikut beberapa kebiasaan yang menyebabkan sakit kepala saat cuaca panas:

1. Tidak menggunakan pelindung
Sinar matahari adalah salah satu pemicu sakit kepala, terutama untuk penderita migrain yang mengalami masalah dengan aura visual. Dokter Martin mengatakan sinar matahari yang memantul pada cermin bisa memicu migrain langsung.

Cahaya silau yang dihasilkan oleh sinar matahari juga bisa menimbulkan masalah dan menyebabkan sakit kepala. Gunakan kacamata hitam dan juga topi agar sinar matahari tidak langsung menyerang kepala Anda.

2. Melupakan sarapan
Jika Anda sedang bepergian dengan pesawat saat cuaca panas, seperti sekarang ini, pastikan untuk sarapan sebelum berangkat. Tertundanya keberangkatan dan masakan yang disediakan maskapai yang belum tentu sehat, bisa memicu sakit kepala. Selain itu tekanan udara saat Anda sedang berada dalam penerbangan juga bisa memicu sakit kepala.

3. Kurangnya air putih
Dehidrasi adalah penyebab yang sangat umum untuk sakit kepala. Frederick G Freitag DO, anggota dewan NHF dan direktur riset obat sakit kepala untuk Baylor Research Institute di Dallas mengatakan saat cuaca panas, cairan tubuh bisa dengan sangat cepat berkurang.

Cara mudah untuk mengetahui apakah Anda terkena dehidrasi adalah dengan memeriksa warna urine Anda. Jika urine berwarna kuning, kemungkinan Anda terkena dehidrasi. Solusi tepat yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari dehidrasi dan mencegah sakit kepala berkurang dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

4. Olahraga
Terlalu banyak melakukan mengeluarkan tenaga saat berolahraga seperti lari, bermain sepakbola, dan angkat beban bisa memicu sakit kepala atau migrain. Saat berolahraga, Anda mengeluarkan kalori dan cairan tubuh sehingga memungkinkan terjadinya dehidrasi dan bisa menjadi penyebab sakit kepala.

Beberapa olahraga seperti jalan santai, berenang atau yoga, bisa menjadi pilihan tepat di saat cuaca panas.

5. Penggunaan alat elektronik
Tingginya penggunaan perangkat elektronik bisa menyebabkan daya otak menurun, sehingga membuat Anda sulit untuk tertidur. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya migrain. Saatnya mulai membatasi penggunaan alat elektronik, seperti menonton televisi, memainkan perangkat komputer dan telepon genggam.

Nah! Ketika kebiasaan ini bisa dihindari atau bahkan dihilangkan, kita tidak akan mudah lagi terserang sakit kepala secara tiba-tiba.

SUMBER :
[URL="buku pengobatan"]http://1.beritasatu.com/1health/id/article/detail/hal-hal-yang-harus-diketahui-tentang-penyebab-sakit-kepala-.html[/URL]
Diubah oleh Kaskus Support 03 15-10-2015 12:10
0
1.9K
26
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.