• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tanggal Kedaluwarsa Sudah Lewat, Masihkah Makanan Aman Dikonsumsi? Baca dulu

selena.gemezAvatar border
TS
selena.gemez
Tanggal Kedaluwarsa Sudah Lewat, Masihkah Makanan Aman Dikonsumsi? Baca dulu
Kasus keracunan makanan kadang terjadi. Salah satu biang keladinya adalah patogen seperti bakteri listeria, salmonella atau E coli.

Bakteri-bakteri merugikan ini seringkali berada pada makanan atau bahan makanan yang sebenarnya sudah tak layak makan, yang sudah seharusnya dibuang.

Bagi sebagian orang, jika mereka sudah menyimpannya di kulkas, ada anggapan bahwa makanan itu akan bertahan lebih lama.

Bahkan di Amerika Serikat (AS), pernah ada sebuah survei yang dilakukan oleh The Natural Resources Defense Council, yang kemudian menyimpulkan, 90 persen orang AS bingung membaca tanggal label makanan, apakah masih layak makan atau tidak.

Kesimpulan lain yang didapatkan adalah 47 persen orang membuang makanan ketika mereka melihat adanya perubahan warna atau tekstur pada makanan tersebut.

Ketidakmampuan masyarakat membaca batas waktu apakah makanan masih layak makan atau tidak menjadi salah satu masalah kesehatan serius.

Barangkali Anda pun terkadang bingung, saat makanan terlihat masih layak makan tapi ternyata sudah lewat batas waktu kedaluwarsa.

Berikut beberapa panduan batas waktu aman pengonsumsian makanan yang sering ditemui pada makanan-makanan siap saji dan artinya, termasuk bahan makanan yang merupakan produk impor:

Kedaluarsa (Expiration)
Biasanya ditemukan pada bahan makanan segar, seperti daging atau barang kering, seperti susu formula. "Jika melewati tanggal itu, ada risiko penyakit bawaan pada makanan. Sebaiknya jangan lagi dikonsumsi," kata Cheryl Luptowski, dari NSF (badan pengujian makanan) Internasional.

Terbaik jika digunakan pada (Best if used by)
Tanggal ini menunjukkan kualitas makanan atau kesegaran mungkin mulai memburuk. "Produk ini mungkin tidak terasa enak seperti sebelumnya, tapi belum tentu tidak aman," kata Luptowski.

Dijual oleh (Sell by)
Produsen menampilkan tanggal tersebut pada produk, agar toko tahu berapa lama menampilkan makanan tersebut pada display. Jangan membeli makanan ini jika telah melewati tanggal yang dimaksud. Tetapi jika Anda memilikinya di rumah, dimana bahan makanan telah melewati tanggal yang dimaksud, boleh saja dikonsumsi. Namun yang penting makanan tersebut disimpan secara benar dan pada suhu yang tepat. Jika Anda merasa ragu, sebaiknya buang saja daripada berisiko.

terima kasih mau mampir di thread sederhana ini gan , sedekah cendolnya ane terima emoticon-Blue Guy Cendol (L), semoga bermanfaat menambah wawasan buat kaskuser semua

sumber : fox news
Diubah oleh Kaskus Support 03 15-10-2015 11:55
0
1.9K
26
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.