komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Yuk Tengok Kemegahan Kotanya Para Orang Super Kaya di India!


Ada banyak hal yang menarik bisa ditelusuri ketika berbicara tentang negara India. Tak hanya perbincangan menarik terkait film bollywood, tapi juga mengenai kondisi kehidupan masyarakatnya. Dan untuk hal yang satu ini, akan cukup menarik untuk menengok kondisi dari kota Mumbai yang dikenal sebagai kota dengan jumlah milyuner dan bilyuner terbanyak di India.


Suasana malam hari di kota Mumbai India (sumber gambar: makemytrip)

Mumbai memang bukanlah ibukota negara India. Namun Mumbai merupakan kota terbesar yang ada di negeri Bollywood tersebut. Tak hanya itu, Mumbai juga dikenal sebagai pusat komersial, ekonomi serta hiburan di negara India. Dengan kondisi tersebut, tidak mengherankan jika Mumbai pun menjadi tempat tinggal para orang kayak di India.

Menurut data dari New World Wealth Mumbai merupakan kota dengan tingkat perkembangan ekonomi yang sangat pesat di kawasan Asia Pasifik. Kota ini pun berhasil memperoleh posisi ke 12 untuk kategori jumlah orang kaya terbanyak di kawasan Asia Pasifik. Jumlah orang kaya yang mempunyai aset mencapai 1 juta USD ataupun lebih dari 10 juta USD pun bertebaran di kota ini.

Masih menurut data yang sama, jumlah orang kaya dengan aset mencapai lebih dari 10 juta USD atau lebih di kota Mumbai mencapai angka 2690 orang. Dan angka ini termasuk sebanyak 26 orang bilyuner yang mempunyai kekayaan lebih dari 1 miliar USD, seperti yang terhimpun dalam data dari The Guardian di tahun 2013 lalu.

Suasana yang ada di kota Mumbai ini pun nampaknya tidak jauh berbeda dengan yang ada di kota Jakarta. Sebuah kota yang penuh dengan mimpi. Dan seperti halnya Jakarta, Mumbai mempunyai standar biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan kota-kota lainnya di India. Terlebih Mumbai menjadi pusat industri film Bollywood serta Marathi.

Nah, bagi para traveler, kota Mumbai ini juga menyimpan daya tarik yang sangat menarik. Portugis dan Inggris pun pernah menjejakkan kaki serta mempunyai banyak peninggalan bersejarah di kota ini. Jadi tidak mengherankan kalau para traveler pun bisa menyaksikan banyak bangunan bergaya klasik yang sudah berusia ratusan tahun di kota ini.

Taj Mahal Palace Hotel

Kalau berbicara tentang kota Mumbai di India, ada satu hotel megah yang menjadi landmark dari kota ini. Hotel tersebut tak lain adalah Taj Mahal Palace Hotel, sebuah hotel yang dibangun oleh Jamsetsji Tata (founder dari Tata Group) di tahun 1903. Konon sih, bangunan hotel ini didirikan oleh Jamsetsji karena dirinya tidak diperbolehkan masuk ke Hotel Watson yang punya kebijakan sebagai hotel 'white only'.


Taj Mahal Palace Hotel yang berdekatan dengan Gate of India (kredit: Taj Mahal Palace Hotel)

Bangunan dari Taj Mahal Palace Hotel ini pun tak ubahnya seperti sebuah istana. Tidak mengherankan, karena hotel ini memang merupakan hotel bintang lima yang kerap disebut sebagai hotel terbaik yang ada di kota Mumbai dan India. Hotel ini pun mempunyai dua bangunan berbeda, dibangun pada era yang berbeda serta mempunyai desain arsitektur yang jauh berbeda.

Total hotel ini mempunyai sebanyak 550 ruangan mewah yang disediakan untuk para tamunya. Banyak pesohor dunia yang memilih untuk menginap di hotel ini saat tengah berkunjung ke Mumbai. Termasuk adalah Kate Middleton dan Prince Williams dari Inggris.

Tak hanya mempunyai desain bangunan yang sangat menarik. Taj Mahal Palace Hotel ini juga mempunyai lokasi yang sangat strategis. Para tamu hotel pun bisa menyaksikan langsung pemandangan Laut Arab dari bangunan hotel. Selain itu, traveler juga bisa menyaksikan kemegahan landmark kota Mumbai lainnya dari sini, yakni Gateway of India.

Chhatrapati Shivaji Terminus

Berikutnya adalah Chhatrapati Shivaji Terminus yang dikenal sebagai salah satu stasiun kereta paling sibuk di negara India. Stasiun kereta ini dulunya dikenal dengan nama Victoria Terminus dan merupakan salah satu stasiun bersejarah yang ada di negara bagian Maharashtra. Sebagai informasi lainnya, Chhatrapati Shivaji Terminus ini juga merupakan salah satu bangunan yang memperoleh pengakuan sebagai Situs Warisan Bersejarah Dunia oleh UNESCO.


Kondisi Chhatrapati Shivaji Terminus di malam hari (sumber gambar: Trover)

Bangunan stasiun kereta ini didirikan pada tahun 1878 dan selesai di tahun 1888. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun stasiun kereta megah ini mencapai angka 24 ribu USD (menurut nilai pada waktu pembangunannya), yang kalau saat ini nilainya setara 30 juta USD. Stasiun ini pun mempunyai desain yang sangat mirip dengan stasiun kereta St Pancras di London dan dibangun menggunakan arsitektur bergaya Victorian Gothic.

Stasiun kereta bersejarah ini total mempunyai sebanyak 18 peran. 11 peron di antaranya digunakan untuk melayani perjalanan kereta jarak jauh. Sementara 7 peron lainnya dipakai untuk melayani transportasi kereta lokal. Sebagai fasilitas tambahan, Chhatrapati Shivaji Terminus ini juga mempunyai dorm ber-AC yang bisa digunakan oleh para traveler. Total terdapat 58 tempat tidur untuk laki-laki dan 20 tempat tidur untuk perempuan.

Bersama dengan fasilitas erupa di Lokmanya Tilak Terminus, fasilitas seperti ini merupakan yang pertama kalinya di India. Tarif untuk menginap di dorm yang ada di Chhatrapati Shivaji Terminus ini pun tidak mahal. Untuk durasi 12 jam, dikenakan biaya 150 rupee (30 ribu rupiah) dan untuk 24 jam dikenakan biaya 250 rupee (50 ribu rupiah). Namun mereka yang menginap di dorm ini harus mempunyai tiket kereta yang valid.

Gateway of India

Landmark lainnya dari kota Mumbai di India adalah Gateway of India yang terletak sangat berdekatan dengan Taj Mahal Palace Hotel. Bangunan Gateway of India ini mempunyai ketinggian 26 meter dan tepat berada di ujung Mumbai Harbour. Gateway of India ini pun dikenal sebagai destinasi wisata yang populer dan dulu sempat pula memperoleh julukan Taj Mahal dari Mumbai.


Gateway of India (kredit: Anwar Kapasi)

Bangunan Gateway of India ini didirikan pada tahun 1911 dan baru selesai di tahun 1924. Pembangunan gerbang ini dilakukan untuk memperingati kunjungan King George V dan Queen Mary ke Mumbai yang terjadi pada tahun 1911. Pembangunan Gateway of India ini juga dimaksudkan untuk sebagai simbol kekuatan dan keagungan dari negara Inggris Raya.

Tentu saja para traveler bisa berkunjung ke tempat ini secara bebas dan tidak dikenakan biaya apapun. Dari sini, traveler pun bisa naik motor boat untuk berkunjung ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya, termasuk di antaranya adalah Pulau Gajah yang menjadi lokasi dari Gua Gajah.

Bandra–Worli Sea Link

Kalau Jawa Timur punya Jembatan Suramadu, maka di kota Mumbai ada yang namanya Bandra–Worli Sea Link atau juga dikenal dengan nama Rajiv Gandhi Sea Link. Sesuai dengan namanya, jembatan ini merupakan sebuah jembatan yang di bangun di atas laut dan menghubungkan antara Bandra yang ada di wilayah barat Mumbai dengan Worli yang ada di selatan Mumbai.


Jembatan Bandra-Worli Sea Link (sumber gambar: Justgola)

Jembatan ini memiliki total panjang sejauh 5,6 kilometer dan mempunyai delapan jalur kendaraan. Setiap harinya, jembatan ini pun dilewati sebanyak kurang lebih 37.500 kendaraan. Untuk melintasi jembatan ini, waktu yang dibutuhkan berkisar antara 20 hingga 30 menit. Dan kalau pada jam sibuk, waktu tempuh bisa menjadi hingga 90 menit.


Jembatan Bandra–Worli Sea Link dari kejauhan (kredit: SatrajitBasu)

Seperti halnya fenomena yang terjadi di Jembatan Suramadu, Bandra - Worli Sea Link ini juga mempunyai pemandangan yang indah. Terutama saat pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit. Tak heran kalau banyak fotografer yang berburu foto cantik di jembatan ini. Namun pemerintah negara bagian Maharashtra melarang setiap kendaraan berhenti di tengah jembatan, terlebih kalau hanya untuk berfoto-foto.

Gua Gajah

Tempat lain yang juga diakui sebagai Situs Warisan Bersejarah Dunia oleh UNESCO di kota Mumbai adalah Gua Gajah. Gua ini merupakan sebuah kompleks gua hasil ukiran yang terletak di Pulau Gajah. Gua ini juga dikenal dengan nama Gharapuri yang secara literal mempunyai arti kota gua.


Gua Gajah di Pulau Gajah, Mumbai (sumber gambar: besttourismplaces)

Gua Gajah ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Mumbai dan bisa diakses melalui Mumbai Harbour. Dan karena merupakan sebuah kompleks gua, tentu saja Gua Gajah ini terdiri dari beberapa gua. Menariknya, gua yang ada di Pulau Gajah ini tak hanya merupakan gua Hindu, tapi juga terdapat gua Buddha.

Kelompok pertama yang merupakan kompleks utama dari Gua Gaja ini adalah lima gua yang termasuk Gua Hindu. Patung-patung yang ada di dalam gua ini pun mempunyai usia sangat tua, berasal dari rentang antara abad ke lima hingga abad ke delapan Masehi. Gua-gua Hindu di sini merupakan representasi dari sekte Hindu Shiwa yang didedikasikan sebagai bentuk penghormatan kepada dewa Shiwa. Sementara itu kelompok kedua terdiri dari dua gua Buddha yang notabene mempunyai lingkup lebih kecil.

Marine Drive

Tempat berikutnya yang dikenal sebagai landmark di kota Mumbai India tak lain adalah Marine Drive. Tempat ini pun jadi lokasi yang sangat menarik saat ingin bersantai dan menghabiskan waktu di kota Mumbai. Marine Drive ini merupakan
sebuah boulevard sepanjang 3,5 kilometer yang berada di South Mumbai dan mempunyai bentuk seperti huruf C.


Marine Drive saat malam hari (sumber gambar: mynotemylife)

Marine Drive ini pun memperoleh julukan sebagai Queen's Necklace atau Kalung Ratu. Sebutan ini disematkan kepada Marine Drive karena pemandangan yang ada di tempat ini pada malam hari. Keberadaan lampu pinggir jalan di sepanjang boulevard Marine Drive sangat mirip dengan sebuah kalung mutiara. Jadi, kalau ingin berkeliling Mumbai pada malam hari, harus berkunjung ke Marine Drive ini.

Tak hanya dikenal mempunyai pemandangan malam hari yang fantastis. Marine Drive ini juga menarik untuk dikunjungi saat matahari terbenam. Dari pinggir jalan, traveler pun bisa menyaksikan matahari terbenam di jalan raya yang berbatasan langsung dengan lautan.

Di ujung bagian utara dari Marine Drive ini, para traveler juga bisa menemukan sebuah pantai yang terkenal di kota Mumbai. Pantai tersebut adalah Pantai Chowpatty. Pantai ini pun dikenal sebagai sebuah pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Dan di sini, para traveler pun akan banyak meneumukan Bhel Puri yang merupakan sajian fast food ala India.

Ada pula daya tarik lain yang bisa disaksikan di Marine Drive ini. Daya tarik tersebut adalah keberadaan bangunan-bangunan megah di sepanjang jalan. Bangunan-bangunan tersebut pun bukanlah bangunan biasa. Melainkan bangunan bergaya art deco yang merupakan desain bangunan klasik yang populer pada tahun 1920an.

SUMBER
0
6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.