• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Suara Terkeras di Dunia ialah suara hewan ini ! 100x lebih keras dari pesawat jet !!!

schatzlAvatar border
TS
schatzl
Suara Terkeras di Dunia ialah suara hewan ini ! 100x lebih keras dari pesawat jet !!!








Reccomend For Hot Thread

https://docs.google.com/forms/d/1QGV...hjOT8/viewform



Paus Biru, Hewan dengan Suara Terkeras di Dunia



Tahukah Anda, apa hewan dengan suara terkeras di dunia? Sepertinya banyak, ada singa, harimau, serigala, katak, gajah dan lain sebagainya. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa hewan dengan suara terkeras di dunia bukanlah hewan darat maupun udara, tetapi lautan (perairan).
Hewan ini adalah Paus Biru. Bagaimana bisa sebangsa mamalia bisa menjadi hewan dengan suara terkeras di dunia? Berikut penjelasannya.

Paus Biru atau dengan nama latinnya Balaenoptera musculus adalah sebuah mamalia laut. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 33 meter dan memiliki massa 181 ton metrik/lebih. Paus Biru dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah ada.


"Salah satu penampakan paus biru"

Ikan yang kerap menyemburkan air dari lubang hidungnya itu juga memiliki suara yang khas. Kekuatan suara yang dihasilkan paus biru diperkirakan mencapai 155 hingga 188 desibel. Jika kita bandingkan dengan konser rock yang rata-rata hanya menccapai 100 desibel.

Untuk berkomunikasi dengan sesamanya, kelompok paus biru akan membuat panggilan pada frekuensi fundamental, yaitu antara 10 hingga 40 Hertz. Sebagai perbandingan, frekuensi suara terendah manusia berkisar 20 Hertz. Uniknya, dalam berkomunikasi dengan sesama, paus biru kerap mengeluarkan suara yang bernada.


"Paus biru yang sedang makan. Makanan utama paus biru adalah plankton"

Para ilmuwan meyakini bahwa fenomena tersebut tidak terlihat di populasi lain manapun dan benar-benar menjadi ciri khas spesies paus biru (Balaenoptera musculus). Hingga saat ini, belum ada satu pun ahli yang mengetahui maksud dari vokalisasi yang dikeluarkan paus biru tersebut.

Para ilmuwan hanya menduga hal itu sebagai media paus biru untuk memelihara jarak antar individu, tanda perkenalan antara individu yang satu dengan individu lainya atau media transmisi informasi kontekstual seperti untuk memberitahukan area makanan atau buruan, peringatan tanda bahaya, dan percumbuan. Paus biru jantan biasa menggunakan suara kerasnya untuk menarik pasangan yang jaraknya ratusan mil jauhnya.

Info tambahan skala ukuran paus biru



Perbandingan dengan manusia

Sumber :

http://media27th.blogspot.co.id/2016...keras.html?m=1
Diubah oleh schatzl 27-07-2016 08:40
0
12.8K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.