zheeppj78Avatar border
TS
zheeppj78
Ternyata Ini Yang Harus Tiap Calon Pramugari Lalui Gan


Buat yang sering menggunakan jasa transportasi pesawat terbang pasti sering liat pramugari wara wiri di bandara dan di dalam pesawat kan?
Ya iyalah Gan, pramugari dalam dunia penerbangan itu ibarat perangko dan amplop, tak terpisahkan. emoticon-Ngakak (S) Gak cuma emang pramugari bertugas melayani dan menjamin kenyamanan penumpang, pramugari juga punya bagian penting dalam menjaga keselamatan penerbangan. Itu makanya jadi pramugari gak bisa asal Gan. Harus melalui seleksi dan tahapan pelatihan pramugari dulu Gan.
Ngapain aja sih pelatihannya? Mumpung saudara ane baru ngejalanin pelatihan pramugari Lion Group di Lion City di Balaraja, Tangerang, nih ane kasih sedikit sharing pengalaman dari saudara ane. Mayan, buat nambah nambah info Agan atau Sista yang pengen jadi pramugari atau pramugara di kemudian hari. emoticon-Blue Guy Peace

Pelatihan Pramugari Dilaksanakan Dalam Rentang Waktu Tertentu




Buat Agan Sista yang pengen jadi pramugara atau pramugari pasti harus ngelewatin yang namanya seleksi kan? Mulai dari seleksi fisik sampai medical check up juga harus kamu lalaui. Nah biasanya ketika kamu udah lolos nih Agan mesti ngikutin yang namanya sekolah atau pelatihan pramugari. Buat ngelatih yang jelas gak bisa dalam semalam langsung kelar Gan. Pelatihan yang diberikan kepada pramugari biasanya berlangsung sekitar 3 hingga 4 bulan lamanya.

Memahami Dasar-dasar Tugas Pramugari Di Kelas Teori


Namanya juga kayak lagi sekolah Gan, tiap pramugari juga mesti khatam teori-teori dalam penerbangan khususnya yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan tugas seorang pramugari. Misalnya nih teori soal skil berkomunikasi, teori medis, cara menangani penumpang, soal servis sampe safety emergency procedure. Yah ibarat kata biar kita tau mana prosedur yang seharusnya dilakukan kita mesti tau dulu teorinya kan Gan.

Praktekin Langsung Apa yang Dipelajari Dalam Kelas Praktek



Udah punya bekal teori tapi apa guna kalau gak ada prakteknya Gan. Di sini pramugari juga mendapat kelas praktek dimana mereka benar-benar bisa langsung mempraktekkan teori yang sudah diplajari. Buat kelas praktek sendiri juga dibikin dalam situasi senyata mungkin Gan. Ini bisa dengan fasilitas yang dibuat semirip mungkin dengan situasi nyata, misalnya ada mock up pesawat terbang dengan pintu emergency serta kolam renang yang bisa digunakan dalam pelatihan simulasi penyelamatan.

Contohnya nih para pramugari diajarin prakteknya soal gimana caranya melakukan evakuasi penumpang ketika pesawat harus mendarat darurat. Setiap pramugari dilatih untuk bisa membuka pintu darurat pesawat yang aslinya berat banget Gan. emoticon-Hammer (S) Ketika pintu darurat dibuka maka seluncuran evakuasi akan muncul dan dari situ pramugari harus mengarahkan penumpang untuk bisa turun dengan posisi tubuh yang aman.





Selain Materi Teknis Juga Ada Pemberian Materi Non Teknis Buat Para Pramugari



Namanya juga pramugari Gan. Gak cuma dituntut untuk bisa paham teknis tugas seorang pramugari, ada bekal lainnya yang juga harus dimiliki. Misalnya soal penampilan Gan. Pramugari juga punya standar penampilan, jadi mereka harus punya bekal kemampuan bersolek. Itu juga kenapa pramugari mendapatkan beauty class hingga table manner yang akan menunjang penampilan seorang pramugari. Gak cuma itu para pramugari diberi materi soal hospitality juga biar tau gimana caranya bersikap dan menunjukkan keramahan kepada para penumpang. Gak mau dong pramugari yang melayani penumpang keliatan acak adut dengan perlakuan yang jauh dari kata sopan.


Belajar Dihadapkan Pada Berbagai Situasi




Gak cuma soal teknis dan non teknis Gan, seorang pramugari juga dituntut untuk selalu bersikap tenang dalam segala situasi. Itu juga yang dilatih dalam pelatihan ini. Misalnya gimana sih ketika ada penumpang yang ternyata mabuk atau yang lagi bikin rusuh di dalam pesawat. Bagaimana cara mengatasinya. Itu semua dicoba disimulasikan biar pramugari bisa belajar untuk bisa mengontrol kepanikan penumpang dan dirinya. Biasanya pramugari harus memberikan 3 kali peringatan kepada penumpang tersebut. Kalau masih tidak bisa tenang maka pramugari akan menyuruh si penumpang tersebut untuk membaca restrain order. Kalau masih gak bisa tenang juga maka pramugari akan mengikat tangan penumpang tersebut untuk mencegah dan menahan orang tersebut menimbulkan ancaman bagi keselematan penumpang lain dan penerbangan. Contohnya misalnya untuk penumpang yang mabuk, yang menyembunyikan bom atau benda berbahaya lainnya, dan penumpang yang phobia.

emoticon-Angel


Itu dia deh Gan sedikit gambaran soal pelatihan pramugari. Oya, gak cuma dapet pelajaran, tapi juga bakal ada evaluasi terhadap hasil dari pelatihan loh Gan. Banyak tahapan yang harus dilalui ya? Maklum Gan, tiap maskapai kan juga pengen pelayanan yang diberikan memuaskan untuk penumpang, wajar kalau tiap petugasnya akhirnya juga harus dituntut memiliki kualitas pelayanan yang oke punya. Buat para calon pramugari bisa nih dibaca-baca thread ane buat gambaran kalau kamu masih bingung ada apa aja sih dalam pelatihan pramugari. Semoga bermanfaat ya!!
emoticon-Toast



sumber: bocoran dari sodara ane + gambar dari simbah google
Diubah oleh zheeppj78 27-05-2016 06:13
0
13.4K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.