akhlilfikridhamAvatar border
TS
akhlilfikridham
MOBIL KEPRESIDENAN ERA SOEKARNO HINGGA JOKOWI
Ulasan mobil-mobil yang dipakai Presiden RI dari era Soekarno sampai era Jokowi

Hampir setiap kepala negara di seluruh dunia memiliki mobil dinas sendiri. Di Indonesia, mobil kepresidenan sejak zaman Soekarno hingga Joko Widodo terus mengalami perubahan seiring perkembangan zaman.

Pada umumnya sebuah mobil Presiden merupakan satu bagian penting dalam menunjang proses berjalannya pemerintahan.

Kendaraan yang digunakan umumnya memenuhi standar teknis seperti handal, tangguh, dan aman serta layak (dari segi kenyamanan) meski tingkatan yang dimilikinya berbeda satu-sama lain bergantung kemampuan suatu negara.

Di Indonesia sendiri, setiap Presiden mempunyai jenis atau model mobil yang berbeda, salah satunya adalah mobil bernilai sejarah Buick-8 milik Presiden RI pertama Soekarno, yang saat ini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta.

Agan Penasaran kira-kira seperti apa sih mobil Presiden Indonesia dari masa ke masa? Berikut ulasan mobil-mobil yang dipakai Presiden RI dari era Soekarno sampai era Jokowi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Buick 8

Dream - Mobil Buick-8, buatan Buick adalah Mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang pertama digunakan pada masa setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Digunakan sebagai kendaraan Dinas Presiden RI pertama Soekarno terutama dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949.

Kisah mobil ini menjadi mobil kepresidenan cukup menarik. Mobil ini ditemukan pada tahun 1945 di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Pendudukan Jepang (Sekarang kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta) oleh Sudiro, ketua Barisan Banteng.

Ia sendiri paham bahwa mobil Buick-8 itu tidak hanya sembarang mobil, konon mobil itu adalah mobil terbagus di Jakarta saat itu. Tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia tersebut lantas mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno, sebagai kendaraan yang dirasa pantas untuk dinasnya sebagai Presiden dengan nomor polisi Rep-1.

Mobil ini, modelnya masih tampak berwibawa dan mengesankan meski berumur puluhan tahun. Ada selembar kaca yang memisahkan penumpangnya dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar.
Mobil ini adalah mobil type Limited-8, mobil utama Buick yang dikeluarkan pada 1939 dengan kapasitas 320 ci atau 5247 cc, Bukan Buick biasa yang dikeluarkan pada tahun 1931.

Selain Mobil Buick-8, Mobil dinas Presiden Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial.
Tipe Imperial 38 ini, bernomor polisi B 9105, yang juga digunakan presiden Soekarno, hadiah dari Raja Arab Saudi ini terdapat cacat di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya, yang dipertahankan sebagai bukti sejarah,
ketika Presiden Soekarno menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, mobil ini selamat dari ledakan granat yang dikenal sebagai Peristiwa Cikini, dan salah seorang penumpangnya kemudian menjadi Presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

2. Desoto 1942


Mobil DeSoto keluaran 1942 ini digunakan wakil persiden RI, Mohammad Hatta. Berbeda dengan mobil Buick-8 yang merupakan hasil temuan di jalan, mobil ini hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, pengusaha sukses di Jakarta masa itu dengan maksud untuk membantu memobilisasi perjuangan disamping menghindari perampasan dari pihak Pendudukan Jepang di Indonesia.

Mobil inilah yang digunakan Mohammad Hatta dalam melaksanakan jabatannya sebagai Wakil Presiden baik di Jakarta maupun Yogyakarta. Mobil ini sempat berpindah tangan dan oleh pemiliknya digunakan sebagai angkutan umum (oplet).

Namun kemudian dibeli kembali oleh Mohammad Hatta dan direstorasi dengan bantuan pengusaha Hasyim Ning. Itulah sebabnya mobil yang bernomor polisi Rep-2 ini, yang sudah menggunakan transmisi otomatis kondisinya tidak sebaik Buick-8 Rep-1 itu. Pada mobil ini, seperti buick-8, terdapat sekat kaca yang memisahkan supir dengan para penumpangnya.

Berbeda dengan Buick-8 yang masih bisa digunakan, mobil DeSoto ini sudah tidak bisa digunakan lagi.

3. Mercedes-Benz 500SEL Limousine Tahun 1987


Mobil Mercedes-Benz 500SEL Limousine keluaran 1987 ini digunakan persiden RI ke-2, Soeharto. Mobil ini ditengarai memiliki kesamaan spesifikasi keamanan setaraf dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II.

Mobil klasik ini asli pabrikan Jerman dengan tipe mesin M117.963 dilengkapi delapan silinder berkapasitas 5.0L. Kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam, bandingkan dengan Mercedes-Benz S600L yang digunakan Presiden RI saat ini memiliki kecepatan 210 km/jam.

Pada body-nya, mobil Kepresidenan RI di era Soeharto ini juga dilengkapi kaca anti peluru setebal tiga inci, kurang dua inci dari Cadillac One yang digunakan Presiden Barack Obama saat ini dengan ketebalan lima inci. Beberapa sensor juga menempel pada mobil ini agar menjamin keselamatan Presiden Soeharto ketika berdinas.

Mobil ini dilapisi baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortir, dan guncangan.Tidak heran jika melihat mobil ini melintas, siapapun sosok negarawan yang ada di dalamnya akan tampak begitu gagah dan makin β€˜terlihat’ disegani. Keangkuhan Mercedes-Benz 500SEL limousine betul-betul menampakkan auranya sebagai tunggangan Kepala Negara.

4.Mercedes-Benz S600 Tahun 1994


Sejak tahun 1994, Mercedes-Benz 500SEL limousine 1987 ini mulai jarang terlihat saat Presiden Soeharto hendak bekerja. Posisinya digantikan oleh Mercedes-Benz S600 produksi tahun 1994.

Dipakai resmi pada 1995, spesifikasi mobil ini juga tidak kalah dengan tipe mobil kepresidenan sebelumnya, memiliki standar keamanan tinggi; bodi dan kaca antipeluru serta standar keamanan lainnya.😎

Mobil ini menjadi kendaraan dinas presiden terlama sebab digunakan sejak era Presiden Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

5. Mercedes-Benz S600L Tahun 2008


Pada periode keduanya presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggunakan Mercedes-Benz tipe S600L model W221 keluaran tahun 2008.

Mobil ini masih dapat kita lihat melenggang di jalan ibukota. Mobil ini memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi di sebuah mobil. Mercy S600L S-Guard ini mampu menahan tembakan dari senapan hingga serpihan ledakan bom.😎

Bermesin 12 silinder Biturbo, mobil ini mampu melecutkan tenaga hingga 517 dk. Tentunya berbagai fitur pun sudah tersedia seperti koneksi internet (bisa internetan bree,apa presiden suka ngaskus juga ya)πŸ‘…, climate control, four zone AC, individual TV, hingga tabung oksigen untuk bertahan dari serangan gas beracun (perlengkapannya konfit gan,jangan2 ada dapurnya juga tu dlm mobil)😁.

6. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard


Inilah mobil kepresiden terakhir yang saat ini digunakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas khusus kepresidenan dan sekaligus pelindungnya saat mengaspal di jalanan.

Mobil Dinas Jokowi, Mercedez-Benz S600 Pullman Guard bukanlah mobil mewah biasa melainkan mobil teraman yang di pasarkan di seluruh dunia, yang biasanya digunakan para pemimpin negara.

Mercedes S600 Pullman Guard untuk Jokowi dibuat dengan material antipeluru berstandar Eropa B6/B7 yang bisa menahan tembakan senjata ringan, granat tangan, dan bahan peledak ringan. Sebagai kendaraan khusus kepresidenan, Mercy buatan 2008 ini dibekali mesin 6.000 CC V12 dengan tenaga 525 daya kuda.

Jika bannya kempes atau bocor, Mercy Jokowi masih mampu melaju hingga sejauh 60 kilometer. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api. Untuk kondisi darurat, mobil ini memiliki fitur pengaturan udara segar, sistem kontrol pneumatik untuk membuka jendela secara elektronik, serta panic alarm system jika ada ancaman keamanan.

itulah deretan mobil dinas presiden,ane comot dr berbagai sumber yg ane baca,krn ane nge trit pake handphon,ane kesulitan buat masukkan link sumber yg ane baca

Trit ini hanya sekedar menambah pengetahuan ane khususnya dan menambah pengetahuan agan dan aganista KASKUSER pada umumnya (bagi yg blm tau)πŸ‘Œ

SEMOGA BERMANFAAT TRIT ANE KALI INI
emoticon-Ngacir2emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
isu152
isu152 memberi reputasi
1
9.5K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThreadβ€’83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.