f41lureAvatar border
TS
f41lure
Sandiaga Ingin Lestarikan Budaya Betawi dengan Memasukkan Bahasa Asing


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjanjikan budaya Betawi akan lebih diperhatikan dan dipromosikan jika dia memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Hal itu diungkapkan Sandi saat berkunjung ke permukiman warga di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (25/10/2016) siang.

"Di setiap acara nanti, kalau bisa, ada pantun-pantun (Betawi) berbahasa Inggris dan prosesi Palang Pintu, walaupun acaranya nanti bukan acara Betawi," kata Sandi di hadapan warga.

Di sana, Sandi disambut oleh kelompok masyarakat yang menamakan diri sebagai Rumpun Masyarakat Betawi (RMB). RMB mendeklarasikan diri mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan serta Sandi dengan menghadirkan acara bernuansa Betawi, seperti tari-tarian hingga prosesi Palang Pintu. (Baca: Beri Kado untuk Jakarta, Kampung Budaya Betawi Gelar Pertunjukan Seni)

Menurut dia, ke depan, semua usaha mikro, kecil, dan menengah di DKI Jakarta juga dapat memasukkan unsur budaya Betawi. Dengan cara seperti itu, budaya khas Jakarta tersebut diyakini akan semakin berkembang dan dikenal secara luas, bahkan sampai ke kalangan dunia internasional.

"Bisa juga nanti prosesi Palang Pintu pakai bahasa Italia.

Terus, petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) saat bekerja juga pakainya pakaian khas Betawi, jadi enggak oranye saja seragamnya," tutur Sandi.

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/10/25/15530471/sandiaga.ingin.lestarikan.budaya.betawi.dengan.memasukkan.bahasa.asing

wtf?!
0
6.9K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.