mtx98Avatar border
TS
mtx98
Puteri Sukarno Ini Tuding Jokowi Aktor Politik Demo 4/11



TEMPO.CO, Jakarta - Rachmawati Soekarnoputri menuding Presiden Joko Widodo bermanuver politik mengenai adanya aktor politik dalam demo 4 November lalu. Polikus Partai Gerindra, putri dari Sukarno itu, justru menuding Jokowi sebagai aktor politik dari demontrasi tersebut.

"Demo itu diputar balikkan ada aktor politiknya, padahal Presiden Joko Widodo sendiri aktor politiknya," kata Rachmawati saat membuka acara konsolidasi nasional di Universitas Bung Karno, Minggu, 20 November 2016. "Ini maksudnya apa?"

Rachmawati mengaku mendapat informasi mengenai manuver politik Joko Widodo itu dari laporan pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab, yang diklaim sebagai imam besar. Sedangkan adanya aktor politik di balik demonstrasi 4 November disampaikan Joko Widodo dalam jumpa pers seusai unjuk rasa yang rusuh ketika dibubarkan. Menurut Jokowi, ada aktor- aktor politik yang menunggangi demo yang berujung rusuh demi mencapai kepentingan tertentu.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, dalam kesempatan berbeda, menyampaikan bahwa aktor politik yang dimaksud Presiden adalah mereka yang turut hadir di demo. Pada demo kala itu, politikus yang terpantau hadir adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Belum diketahui apakah benar mereka yang dimaksud Presiden Joko Widodo dan apakah akan diperkarakan ke Kepolisian.

Rachmawati mendasarkan pula tudingannya pada kegiatan Presiden Joko Widodo saat demo 4 November maupun sesudahnya. Ia mencontohkan, beberapa hari setelah demo, Presiden Joko Widodo maraton mengunjungi organisasi-organisasi Islam serta pasukan-pasukan TNI. Menurut Rachmawati, kunjungan-kunjungan itu mencurigakan sebab berlangsung dadakan dan rutin.

Rachmawati membuat contoh lain yakni aktor politik dalam konteks demo 4 November adalah kecurigaan-kecurigaan pemerintah perihal akan adanya kelompok radikal pada demo tersebut. Menurut Rachmawati, hal itu tidak benar dan tudingan tak berdasar. "Saya juga di situ (demo), gak ada urusan dengan radikalisme yang disinggung pemerintah. Bahkan ada yang bilang ini dari Suriah dan segala macamnya," ujar Rachmawati.

https://nasional.tempo.co/read/news/...itik-demo-4-11
0
4.2K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.