komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
EXPLORE BAGIAN SELATAN NEW ZEALAND (BAGIAN 2)
Setelah sebelumnya di bagian 1kita sudah menjelajah Kota Christchurch dan Region Canterbury, Dunedin dan Coastal Otago, Central Otago, serta Queenstown, maka tentu itu belum seberapa saja. Keeksotismean Pulau Selatan dari New Zealand ini masih lebih dari itu. Dan bagian 2 ini, kita melanjutkan penelusuran selanjutnya menjajaki jengkal demi jengkal pesona Pulau Selatan New Zealand.


Peta New Zealand dan Jalur Road Trip yang bisa dipilih via halling.org.uk


5. Southland
Southland di South Island, artinya kamu memasuki daratan paling selatan dari negera ini, bahkan bisa dikatakan sebagai daratan paling selatan di dunia. Tentunya ini bisa menjadi rasa tersendiri ketika kita menginjakkan kaki disana.

Kota pertama yang bisa disinggahi setelah dari Kota Alexandra ialah Kota Gore. Kota ini dikenal sebagai pusat musik country di New Zealand. Selain itu, maskot kota ini ialah ikan trout coklatnya alias Fly Fish dan bahkan dibangun patung ikan trout raksasa disana. Ikan ini memang menjadi hasil sungai yang terkenal disana. Memancing ikan inilah yang menjadi atraksi wisata disana. Memancing di Sungai Mataura, sungai utama dan habitat ikan bagi kan trout bisa kamu nikmati dengan paket tertentu mulai dari 4 jam, 6 jam, hingga 8 jam panduan. Tarifnya mulai dari NZD 439 hingga 750 untuk 1 hingga 2 orang.


Salah satu sisi Kota Invercargill, photo by Venture Southland via newzealand.com

Kota yang tak boleh terlewat selanjutnya ialah Invercargill. Kota ini menjadi kota utama Southland dan memiliki karakter yang khas. Kota paling selatan ini berbatasan dengan sebuah cekungan bak teluk di Selat Foveaux. Dari Kota Dunedin, Region Otago, kota ini bisa di tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan, sedangkan jika dai Gore memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Keunggulan Invercargill ialah dari peninggalanan bangunan tuanya dengan arsitektur bergaya Victoria, Edcward, dan Art Deco. Hal ini tentu tak terlepas dari sejarahnya yang sempat menjadi pemukiman bangsa Skotlandia di tahun 1850an. Menyusuri kota dan melihat arsitektur bangunannya sangat mungkin dilakukan. Kalian juga bisa sembari bersantai di cafe-cafe yang juga banyak diantaranya menggunakan bangunan-bangunan tua tersebut.


Salah satu sisi Queens Park via mapio.net

Tapi selain itu, Invercargill juga punya sebuah taman kebanggan warganya yaitu Queens Park. Taman yang berada di utara dari pusat kota ini memiliki luas mencapai 80 hektar dimana didalamnya tumbuh ribuan pepohonan, danau, serta taman-taman tematik seperti taman bunga, taman jepang, taman herba, dan hutan kecil. Taman ini juga tentunya menjadi habitat bagi aneka satwa termasuk yang ada dalam penangkaran. Tak Cuma itu, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, taman ini selain dilengkapi jalur pedestrian yang baik, juga ada fasilitas olahraga, taman bermain anak, dan cafe. Didalam kawasan juga ada sebuah museum dan galeri seni yang memiliki bentuk unik yaitu piramida.

Berada 30 km dari lepas pantai selatab dari daratan utama Pulau Selatan, kamu yang mau menghabiskan waktu dengan pengalaman berbeda dan tentunya dengan biaya lebih, bisa menjadikan Pulau Stewart sebagai tujuan wisata. Untuk menuju pulau kecil di ujung selatan ini, kalian bisa memilih dua cara, udara atau laut. Jalur udara bisa ditempuh dnegan penerbangan dari Bandara Kota Invercargill dengan 3 kali penerbangan pergi dan 3 kali juga penerbangan pulang. Biayanya sendiri sekitar NZD 213 pulang pergi untuk dewasa dan NZD 128 pulang pergi untuk anak 4-14 tahun. Sedangkan jalur laut dengan menggunakan ferry dari Pelabuhan di Bluff, tidak jauh dari Invercargill. Tarif Ferry ialah NZD 77 sekali jalan untuk dewasa dan NZD 39 sekali jalan untuk anak dibawah 14 tahun.


Rakiura Track, photo by venture southland via newzealamd.com

Pulau yang hanya dihuni kurang dari 400 jiwa ini, sangat direkomendasikan untuk wisata lintas alam dengan berjalan kaki. Menyusuri alam di pulau ini memiliki variasi yang menarik dari pantai, hutan, bukit, jembatan gantung, melihat burung kiwi, hingga peninggalan sejarah, dengan beberapa pilihan jalur dari yang bisa ditempuh dalam hitungan jam hingga yang mencapai 36 km dan bisa ditempuh selama 3 hari jika kamu memang mau menelusuri semuanya. Di track lintas alam itu juga sudah tersedia akomodasi berupa dua pondokan dan tiga area kemah. Kalian bisa memesan penginapan alam ini di departemen konservasi setempat.


Jembatan Gantung di Rakiura Track, photo by Garet Eyres via newzealand.com

Melintasi alam seperti ini pilihan yang sangat cocok ialah dengan turut dalam tur wisata. Satu operator yang ada di Pulau Stewart ialah yang beralamat di 14 Main Road, Oban, Pulau Stewart. Tur ini tersedia sepanjang tahun dengan tarif NZD 1020 untuk dewasa dan NZD 920 untuk anak dibawah 15 tahun. Hal ini tentu sudah termasuk berbagai hal selama beberapa hari petualangan kecuali pakaian ganti tentu saja.

Jika tidak punya waktu terlalu lama, kamu bisa ikut dalam trip harian saja yang juga bisa didapatkan dari operator penerbangan. Day trip ini dipatok harga mulai dari NZD 280 dewasa dan NZD 171 anak untuk petualangan singkat mengunjungi beberapa objek saja dan pulang dihari yang sama. Pilihan lainnya juga tersedia dengan berbagai kisaran harga.

6. Fiordland
Region Fiordland berada di sisi barat dari Region Southland. Jika bisa dikatakan, Fiordland sangat direkomendasikan untuk disambangi karena lanskap disana sangat menawan dan unik dengan barisan pegunungan berpuncak salju yang menjulang bak jurang-urang terjal. Ciri lanskap disana juga berupa danau-danau dalam-nya diantara pegunungan itu. Region ini juga terdapat Taman Nasional Fiordland yang masuk dalam situs warisan dunia.


Taman Nasional Firodland via planetden.com

Menjelajah Fiordland tidak akan pernah mengecewakan. Di Taman Nasional Fiordland, kalian bisa merasakan sensasi dramatisnya lembah hasil lelehan gletser, hutan hijau, dan air terjun diwaktu yang bersamaan. Lembah hasil lelehan es itu biasa dikenal dengan nama Fyord dan di Taman Nasional ini setidaknya ada empat belas Fyord yang terbentuk dalam kurun waku sekitar 100 ribu tahun. Salah satu yang terdalam yaitu Milford Sound bahkan mencapai kedalaman 421 meter dimana bahkan diperairan itu dihuni oleh lumba-lumba, anjing laut, dan pinguin.


Milford Sound di TN. Fiordland, photo by Adam Bryce via newzealand.com

Milford Sound yang berada di paling utara Taman Nasional Fiordland ini menawarkan keindahan alam yang terbentang ialah berupa danau gletser berwarna biru dengan lapisan barisan gunung menjulang runcing disekelilingnya. Tak hanya dari daratannya saja, bahkan kalian juga bisa melakukan diving. Biodiversitas didalamnya tak kalah dengan perairan tropis dimana warna-warna ikan dan terumbu karang berhabitat disana. Tarif melakukan diving ini ialah mulai dari NZD 295 hingga NZD 345 tergantung perlengkapan yang dibutuhkan dan durasi penyelaman.

Bagian lain yang juga tak boleh dilewatkan di wilayah taman nasional ialah Danau Te Anau. Danau yang juga merupakan danau gletser ini merupakan yang terbesar dengan luas sekitar 344 km persegi. Danau yang membentang dari utara hingga selatan dan bagian lain merentang ke sisi barat ini, bisa dijelajahi dnegan mengguankan perahu kayak. Didekatnya juga ada danau yang berukuran lebih kecil yaitu Manapouri, tetapi keindahannya pun tak akan berbeda jauh.

Untuk menyusuri Taman Nasional Fiordlan, tersedia jalur khusus sepanjang hingga 500 km dimana jalur ini sudah akan mengajak petualang untuk merasakan berbagai sensasi alam. Taman Nasional yang masuk dalam situs warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1990 ini juga menyediakan sekitar 50 pondokan yang tersebar di beberapa zona untuk pengunjungnya menginap.

Saran terbaik untuk melakukan petualangan alam ini ialah turut dalam paket wisata yang banyak tersedia. Seperti untuk Milford Track misalkan, dengan tarif sekitar NZD 195 (start dari Te Anau) sampai NZD 295 (strat dari Queenstown) kamu akan diajak menyusuri jalur alam selama 13 jam. Paket ini tentu saja sudah termasuk pemandu dan makan siang.

LANJUTAN
0
14.7K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.