digressingmeAvatar border
TS
digressingme
Resenya Jadi Bipolar Asik
Kerennya Jadi Bipolar Yang ga Asik.

Gw pikir tulisan di atas bakalan jadi judul. Maklum jarang ngetik pake hp.



Jadi gw ini didiagnosa mengidap skizofrenia, anxiety, bipolar dan gw ini pelupa parah.
Apa itu bipolar? Bipolar itu adalah keadaan ketika seseorang merespon sesuatu secara lebay. Grafik emosinya kaya ekg orang kalo kegep lagi kenceng di diskotik kali gitu.

Bipolar ini ada nyebelinnya.

Ketika gw yakin bisa dan sialnya harus menyelesaikan sesuatu...tau2 gw liat gambar kucing mati. Padahal matinya udah lama sob. Udah nempel gitu ama aspal. Kalo diangkat juga paling dikira ban pecah. Tapi bau.

Gara2 kucing yg deskripsinya panjang tadi...mood gw drop. Boro-boro kerja, ditanya aja marah...ditanya kerjaan sih. Coba ditawarin makan...belom tentu mau juga. Rekor gw adalah 3 hari tanpa makan bubur!!! Yg laen biasa aja.

Dan kalo ada masalah, diputer2 gimana pun...ujungnya pengen bunuh diri.

Nah sebaliknya...

Kalo mood gw dateng lantaran alasan sesepele mungkin kalo menurut orang. Mmm... misalnya gw berhasil ngeratain sisi meja gw dengan garisan ubin dan sisi paling atas laptop gw tuh pas kaya orang di bunker, gw bisa melonjak kegirangan! Kerjaan 3 hari bisa gw selesaikan dalam waktu satu malam. Dan dengan hasil yang bagus tentunya.

Bayangin...3 kerjaan kelar, padahal kerjaannya cuma dua.

Itu asiknya jadi bipolar... di saat kalian mentok mumet mikirin sesuatu, kami bisa muncul dengan ide-ide segar. Bisa liat sesuatu dari perspektif lain. Tapi sayangnya, kadang dibantah sendiri juga.

Contohnya aja ,"ah daripada ketipu toko online, gimana kalo kita bikin toko online sendiri...(muka temen2 cerah)... tapi kalo kita kudu nerimain telpon keluhan customer...serem gak ya? Pasti pada marah2 tuh. *muka temen2 sedih lagi)"

Orang awam cuma bilang bipolar itu sama dengan pemalas. Itu ada benernya sih. Yang ngebedain adalah... pemalas yang terpacu belum tentu jadi bisa menyelesaikan pekerjaan.



Coba kita praktek :

Panggil satu temenlu yang pemalas. Kasih dia kopi, red bull dan apalah...lalu lu kasih tugas.
Kalo dia ga mampu, dia ga bakal nyoba... mungkin bahkan ga nyentuh kopi dari lu karena takut disuruh kerja.
Kalo dia mampu, dia akan berenti ngerjain tugaslu begitu dia anggap kopilu impas.

Dan itu sob... namanya pemalas.

Bipolar...dia ga peduli kopilu (kalo duit bolehlah), kalo dia mood ya dia kerjain.

Contohnya itu kaya karakter tukang kayu di komik Sinchan, yang kalo gara2 kuning telurnya kurang tengah bisa ngadat seharian.

Kami agak sulit bergaul, kecuali secara online. Karena kalau online, kami bisa ninggalin laptop kalo ada yang nyinggung, buat ngehindarin konfrontasi.
Tapi itu sering dianggap sebagai kesombongan, atau sok eksklusif.

Di keseharian hal itu agak susah. Orang begitu pushy, apalagi di Jakarta ini. Dia yang salah, dia yang marah supaya keliatan bener. Dan orang bipolar paling salah kalau ketemu orang seperti ini. Apalagi kalau keadaannya sedang jauh dari terakhir kali minum obat.

Gw pribadi pernah gampar orang, dan sampai sekarang perasaan bersalah itu terus ada, walaupun saya sudah jadi sahabat sama dia. Ya awkward sih kalo tiap kali gw bahas hal itu. Menurut dia itu masa lalu yang bisa diketawain. Good for him.

Ada lagi cerita ketika gw nabrak gerobak, lalu tukang gerobaknya itu bantuin gw ngelakbanin bemper gw yg pecah. Lalu gw nabrak motor alay yang parkir sembarangan. Atau yg manalah kejadiannya, gw lupa.

Ternyata bukan itu kejadiannya. Kejadiannya adalah motor alay parkir depan rumah gw, gw klaksonin biar maju malah buang muka. Gw gaslah sampe nyusruk tuh motor. Dia ngajak damai. Terus gw masuk2in barang ke bagasi, dia manggil temennya. Gw jadi kesel lagi sama tuh bocah. Akhirnya pergilah dia. Ga jauh dari situ, gw keseret mobil bak, makanya pecah tuh bemper. Mampir ke bengkel buat selotipin. Lalu gw berangkat ke arah Depok dan sempet nyundul pantat motor the power of emak2 yg sen ke kiri terus ambles ke bawah.

Dari versi panjang tadi...siapakah bapak2 gerobak yang bantuin gw ngelakban? Jejeng!

Kampretnya, kalo gw ceritain kaya tadi... temen gw bilang, "harusnya yang diperiksa itu matalu!"

Ajakan gw sih... kalo lu punya temen yang kaya gitu, rangkul. Ga usah paksa bergaul, kecuali dia lagi minat. Yang penting tunjukin kalo teman yang bipolar ini terlindungi dari para tukang bully dan juga jangan sampai jadi tukang bully.

Karena gw sering lupa dan bipolar... hidup gw berwarna. Setiap hari rasanya ngulang-ngulang aja. Kalo mood awalnya baik, seharianlah asik. Tapi kalo mood awalnya jelek... seharian ribet. Tapi besok juga udah baik lagi...barangkali.

Kaya hari ini gw nanya ke temen kimpoy gw... "eh, kita tuh udah baikan belum sih?"

21 Agustus 2017, 3:31PM

Jujur aja sih, gw mulai menulis ini baru-baru aja, ya sebagai penyaluran. Soalnya otak gw gak boleh dalam kondisi idle dikit, sob. Larinya ke "bisikan-bisikan sambil jilat kuping" gitu... eh bukan..bukan... larinya tuh jadi ke hal-hal aneh yg agak kompulsif. Misalnya ,"Yuk kita jalan2 ke Bandung!" Lalu dijawab ,"tapi duitnya ga cukup. Bensin di tanki juga ga sampe deh ke Bandung."... Gubrak...drop lagi deh gw.

Gw nulis banyak hal random di sini, karena memang keluarnya random sekali. Salah satu terapi gw adalah membahas sesuatu yang random dengan orang yang random. Mungkin maksudnya biar otak gw tetap kepake aja kali yah... biar gak idle kaya tadi.

Oh iya, kalau ada teman di sini yang senasib sama gw, gw dengan senang hati bakal bagi-bagi hadiah berupa kontak psikiater gw.

Yang perlu dicamkan adalah... kami tidak gila!

Orang gila itu yang teriak-teriak depan rumah manggilin om om! Bikin malu! kalau kami, cuma mengaum di atas atap kalo bulan purnama. Bagian ini gw bercanda tentunya... gw takut ketinggian.

Awal-awal gw didiagnosa kena penyakit ini, rasanya sangat menyusahkan... gw sampe harus gerilya ke apotek, pake didata buat nebus obatnya, dan waktu gw makan obatnya ga berpengaruh apa2, sampe gw pikir itu placebo. Tapi orang di sekitar gw ngerasain banget perkembangan gw kalo gw rutin minum obat. Gw gak hostile lagi. Gak sembarangan serang orang. Soalnya kalo beli tuh obat sekalian dikasih sama tali kekangnya. Guk!

Sekarang orang di sekitar kami udah lebih pinter, yang kurang pinter justru pengidapnya. Berada di ruang tunggu bersama para pengidap merupakan sebuah pengalaman yang sangat menguras energi. Plus, gw punya anxiety...waktu rasanya lama banget. Pasien di sana rajin banget atau bisa dibilang kepo soal catatan medis gw. Dafuq? Kalo mau kepo, baca blog gw ajalah... ya tapi ga bisa gitu juga sih.

Makanya gw ga pernah ajak temen kimpoy gw ke situ, serem aja sih sob. Kaya lempar ayam ke sangkar T-Rex tar. Dan gw takut peluru gw ga cukup.


Diubah oleh digressingme 21-08-2017 08:32
0
5.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.