irenahartoyoAvatar border
TS
irenahartoyo
Makin Nekat, Wanita Perokok Tak Takut Lagi Kena Kanker Paru
TEMPO.CO, Jakarta - Nama Dian Sastrowardoyo, atau lebih dikenal dengan Dian Sastro, belakangan ramai di dunia maya. Sayangnya, bukan karena prestasi aktris berusia 36 tahun itu, tapi karena beredarnya video saat sedang merayakan ulang tahunnya dengan menggelar pesta di sebuah ruangan VIP sambil berkaraoke beberapa waktu lalu.

Dalam video yang tengah viral itu, Dian terlihat berjoget sambil memegang sebatang rokok di tangan kanannya. Hal tersebut membuat warganet terkejut karena selama ini Dian diketahui memiliki sebuah geng pertemanan, yang diberi nama Geng Sehat. Bersama Ardinia Wirasti, Dian senang berolahraga lari.

Bagi seorang wanita, merokok bisa meningkatkan kemungkinan meninggal karena kanker paru-paru 2,7 persen. Seiring waktu berjalan, ternyata makin tinggi pula jumlah perokok aktif wanita yang meninggal akibat kanker paru-paru, bahkan jumlahnya lebih besar dibanding pria yang merokok dan meninggal karena kanker paru-paru. Hal itu dibuktikan lewat penelitian di New England Journal of Medicine.

Selain menyebabkan kanker paru-paru, kebiasaan merokok pada wanita bisa menimbulkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker payudara. Seperti dilansir nytimes.com, tembakau dalam rokok merupakan zat kimia berbahaya dan sangat adiktif, yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung, serta penyempitan pembuluh darah.

Penelitian dalam jurnal tersebut menyebutkan terjadi lonjakan 25 kali lipat jumlah wanita yang meninggal karena kanker paru. Yang lebih menakutkan lagi, wanita perokok aktif saat ini mulai terbiasa dan tidak takut bakal terkena kanker paru. Sampai hari ini saja, seorang wanita mampu merokok lebih dari lima batang setiap hari.

https://cantik.tempo.co/read/1071153/makin-nekat-wanita-perokok-tak-takut-lagi-kena-kanker-paru
0
2.5K
22
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.