abyan213Avatar border
TS
abyan213
Darimana Sih Asal Usul April Mop?
Serba serbi informasi – Tepat pada tanggal 1 April, banyak orang yang merayakan April Mop. April Mop sendiri merupakan suatu hari yang diperbolehkan melakukan kebohongan, kesaksian palsu atau lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. April Mop juga disebut sebagai April Fools’ Day “Asal Usul Hari April Mop”.

Perayaan April Mop ditandai dengan aksi tipu-menipu dan candaan terhadap orang beda dengan destinasi mempermalukan mereka yang gampang ditipu. Lalu laksana apakah sejarah April Mop ini?
Hingga ketika ini, sejarah April Mop masih mempunyai sifat simpang siur. Banyak teori yang tercetus dari masyarakat berhubungan perayaan ini. Sejumlah negara di dunia punya versi sejarah April Mop mereka masing-masing.
Asal Usul Hari April Mop

Asal Usul Hari April Mop – Sejarah April Mop Versi Perang Salib.

Sumber gambar: historytoday.com

Ada juga versi yang lebih mengerikan di mana perayaan April Mop adalah hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara perang salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Tak segan-segan, tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan meski awalnya hanya ingin iseng.
Pada masa itu, tentara salib menipu tentara muslim Spanyol yang kalah perang. Mereka mengatakan bahwa warga Spanyol akan dibebaskan dan dibawa keluar dengan menggunakan kapal. Tetapi itu semua hanyalah bohong belaka. Ini merupakan cara tentara salib untuk menipu masyarakat Spanyol. Saat muslim Spanyol masuk ke dalam kapal, mereka justru dibunuh oleh tentara salib. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 1 April.
Asal Usul Hari April Mop – Sejarah April Mop Versi Prancis.

Sumber Gambar: jakartabenhil.com


Sejak tahun 1582, Negara Perancis selalu mengenang April Mop. Saat itu ialah masa pemerintahan Raja Charles IX. Paus Gregory XIII membongkar penanggalan kalender yang semula 1 tahun melulu terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan laksana penanggalan kalender Masehi sekarang.
Perayaan tahun baru yang semula dirayakan mulai tanggal 25 Maret sampai 1 April, dimajukan ke tanggal 1 Januari. Banyak rakyat Perancis yang membangkang keputusan Paus. Sejumlah penduduk akhirnya memutuskan perayaan 1 April sebagai Tahun Barunya. Perilaku mereka ini justeru ditertawakan oleh sebanyak masyarakat lainnya yang meledek mereka dengan teknik memberikan lelucon palsu.
Kendati tidak jarang kali diledek, masyarakat Perancis terus bertingkah mengherankan setiap tanggal 1 April dan menjadikannya suatu tradisi tahunan. Lalu pada tahun 1782, tradisi tersebut justru ditiru oleh orang Inggris dan popularitasnya makin menyebar ke semua dunia.
Asal Usul Hari April Mop – Sejarah April Mop Versi Spanyol.
Sumber Gambar: media-viva.com

Sejarah April Mop pun pernah hadir dari Spanyol. Awalnya, negara ini merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes. Tanggal ini dirayakan sebagai hari Anak Tak Bersalah. Sampai kesudahannya pemerintahan Spanyol menerbitkan undang-undang baru supaya tanggal 28 desember 1978 diundur sehari agar tidak dijadikan bahan tertawan publik.

Asal Usul Hari April Mop – Sejarah April Mop Versi Kerajaan Romawi.
Sumber gambar: petersommer.com

Joseph Boskin, seorang profesor dari Boston University mengungkapkan urusan yang berbeda. Boskin mengatakan, gagasan April Mop digagas oleh semua pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ketiga hingga keempat sesudah Masehi. Awalnya, semua pelawak kerajaan ini mengemukakan petisi untuk Raja untuk memperbolehkan mereka menjadi raja melulu untuk sehari saja.
Siapa yang menduga bahwa sang Raja setuju dengan petisi ini dan mengusung di antara pelawaknya yang mempunyai nama Jeter guna menjadi Raja Sehari pada tanggal 1 April. Usai naik tahta, Raja Jeter juga meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan dan sekarang dikenal sebagai April Mop.

Baca juga nih gan
disini
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.