BlackID666Avatar border
TS
BlackID666
Insomnia ? Coba 6 Cara Ampuh ini !
Insomnia atau sulit tidur merupakan gangguan kesehatan yang cukup populer. Penyebabnya pun bermacam-maca, dari mulai gangguan akibat stres dan depresi yang berlebihan, hingga gangguan kesehatan lain dimana sulit tidur bisa menjadi salahs atu gejalanya. Apapun itu, insomnia dapat diringankan dengan beberapa langkah tepat. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.



sumber gambar: www.elderhsquill.org


1. Minum Susu Ditambah Madu

Mengkonsumsi  susu, terutama susu hangat, yang dicampur dengan madu ternyata dapat membuat kita mudah terlelap di malam hari. Mengapa? Kandungan tryptophan pada madu dan susu ternyata dapa memicu hormon serotonin pada tubuh yang akan membantu kita untuk tidur dengan pulas.

2. Menghindari Kafein

Seperti yang sudah diketahui oleh orang pada umumnya, kafein seperti yang terkandung dalam teh atau kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan memperoleh lebih banyak energi. Apabila dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur, kopi ternyata mampu membuat tubuh tetap terjaga dan akhirnya berdampak pada munculnya insomnia.

3. Hindari Tidur Tepat Setelah Makan

Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan adalah 1-2 jam. Apabila Anda tidur pada waktu tersebut, maka tubuh akan melakukan proses mencerna dengan efisiensi yang berkurang. Proses tidur Anda pun juga akan terganggu. Ditambah lagi, poses mencerna yang tidak efisien ini akan menyebabkan penumpukan lemak serta gula di dalam tubuh yang berakibat pada timbulnya gejala diabetes serta kolesterol pada tubuh Anda dalam jangka panjang.

4. Berendam Air Hangat

Merendam tubuh dengan air hangat akan mengendurkan otot-otot yang kaku. Tubuh pun akan terasa lebih rileks. Anda akan menjadi lebih mudah untuk tidur dan tidur yang Anda dapatkan juga akan semakin berkualitas.

5. Aroma Terapi

Aroma terapi dapat merangsang tubuh untuk masuk dalam keadaan rileks. Saat ini, sudah banyak alat ataupun lilin yang bisa memberikan aroma terapi untuk ruang tidur Anda. Pilihlah wangi-wangian yang Anda suka seperti lavender atau yang lainnya. Dengan begitu, tubuh Anda akan terasa lebih tenang serta tidur pun akan menjadi lebih nyaman.

6. Pijat

Pijat akan memberikan dampak yang sama dengan berendam air hangat. Hanya saja pijatan akan memberikan dampak yang lebih tahan lama. Pijat juga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga Anda akan mudah merasa mengantuk. Selain itu, pijat merupakan cara yang paling populer dan efektif untuk mengatasi insomnia.


Dengan melakukan enam hal tadi, niscaya Anda akan merasakan dampak berupa berkurangnya sulit tidur di malam hari. Meskipun begitu, beberapa hal tersebut hanya memberi Anda efek yang sementara. Maka dari itu, temukan penyebab utama dari insomnia Anda. Cobalah untuk berkonsultasi ke dokter atau psikiater, jika Anda merasa ada gangguan yang dikira telah menyebabkan Anda insomnia.
 
sumber: http://www.summertomato.com/how-i-cured-my-chronic-insomnia
Diubah oleh BlackID666 03-04-2018 03:31
0
1.3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.