Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hidayatsmvAvatar border
TS
hidayatsmv
Mengenang Semarak Dalam Menyambut Ramadhan Tempo Dulu
emoticon-HansipSelamat Datangemoticon-Hansip
emoticon-HansipThread Hidayat Smvemoticon-Hansip



Apakah cuma perasaan saya saja, bulan Ramadhan tahun ini seperti kurang antusias dalam menyambut kehadirannya. Bahkan seperti terkesampingkan & kurang sadar jika kita sudah berada di pintu pertama bulan Ramadhan 1439 H. Mungkin kerna lagi merebaknya kasus teror yang beruntun di negeri ini, sehingga media & masyarakat tak banyak punya kesempatan untuk memeriahkan datangnya awal bulan Ramadhan tahun ini.

Namun disisi lain Semarak Ramadhan tahun ini memang sudah berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Kalau sekitar tahun 2003 sampai 2012 an, satu bulan sebelum masuk bulan Ramadhan sudah banyak bermunculan pernak pernik menyambut Ramadhan sebagai bukti bahwa tak lama lagi masyarakat bakal menikmati berbagai hidangan yang sudah dipersiapkan media seperti televisi, radio dan pemerintah daerah dengan program-program Ramadhannya.



Kalau kita hubungkan dengan aspek hiburan. Bulan Ramadhan di beberapa tahun terakhir ini memang sudah mulai menurun trennya.

Katakan saja, kalau dulu sebelum tahun 2009 an, banyak sinetron-sinetron yang bertemakan religi dan berbagai sinetron yang dikhususkan untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan. Di antaranya Doa & Anugerah, Hikmah, Bule Masuk Kampung, Tawakal, Para Pencari Tuhan dan lain-lainnnya.



Kemudian ketika masih berjaya perkembangan blantika musik Indonesia di eranya, banyak musisi & seniman sejenisnya merilis lagu-lagu religi bahkan ada band yang meluncurkan albumnya khusus untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Musisi atau Band yang sukses dalam lagu & album religi di antaranya Ungu & Gigi sebagai band yang paling menonjol pada album religinya, kemudian Wali, Bimbo, Opick, bahkan seperti Afgan, Vagetoz, D'Masiv, Warna sempat ikut meramaikan musik religi pada waktu itu.



Selain itu, pada waktu dinihari pun tak ketinggalan meriahnya para media televisi dalam mehindangkan acara yang diperuntukan untuk menemani masyarakat dalam menyantap sahurnya, bahkan acara yang bakal mereka tayangkan tersebut sudah jauh-jauh hari mereka promosikan melalui iklan-iklan disaluran televisinya. Di antaranya yang TS ingat, saatnya Kita Sahur seri awalnya, Komedi Putar yang ada Teamlo & Asti Ananta, kemudian OVJ sempat mengisi acara sahur di Trans 7 dan banyak lagi yang TS lupa namanya.



Selain itu banyak iklan bertemakan aktivitas bulan Ramadhan yang menghiasi layar kaca. Meskipun saat ini masih ada namun tak sebanyak dulu lagi.



Kemudian dulu juga ada hiburan-hiburan yang berbentuk kompetisi dalam menyambut bulan Ramadhan, di antaranya Festival Nasyid Indosiar, Lomba DAI TPI, PILDACIL lativi (Sekarang TVOne).



Sekarang sudan mulai berkurang program- program yang dikhususkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Namun pada Tahun ini ada yang spesial menurut TS, walaupun ini kebetulan tapi semoga saja ini bisa menambah kemeriahan bulan Ramadhan tahun ini walaupun tidak ada korelasinya dengan bulan Ramadhan.
Ya pada bulan puasa tahun ini ada beberapa laga Final bergengsi sepak bola eropa, Piala Uefa & UCL. Ini pas sekali buat yang hobi nonton bola. Selain itu menjelang lebaran nanti bakal hadir pesta sepak bola paling bergengsi didunia, yaitu Piala Dunia 2018. Yang tidak hobi nonton bola mungkin ada Alternatif hiburan lain nanti.

Tapi yang perlu kita sadari. Bulan Suci Ramadhan itu orientasinya bukan masalah hiburan. Tetap nomor one nya menggunakan kesempatan waktu yang diberikan untuk betul-betul banyak beribadah & sedekah. Hiburan seperti yang TS sebutkan tadi hanya sebagai tanda kemeriahan menyambut bulan yang penuh dengan kebarokahan ini.


Demikian, sampai jumpa di Thread yang lain, terimakasih sudah mampir ngopi disini Gan - Sis sekalian.

JANGAN LUPA RATE & SHARE PLUS JEJAKNYA


Sumur :
Tulisan TS
Ilustrasi by Google Images
0
6.7K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.