nataliesytnerAvatar border
TS
nataliesytner
KONTROVERSI SANDAL

Memasuki tahun politik, sering terjadi hal-hal yang mengaitkan dengan agama, dimana agama digunakan sebagai alat kampanye atau memancing kemarahan umat agama tertentu untuk membenci suatu partai atau suatu golongan yang belum tentu hal tersebut dilakukan oleh partai/golongan tersebut. Seperti contoh tentang kejadian pada tanggal 16 April 2018 dimana didapat gambar lafaz Allah dalam tulisan Bahasa Arab diatas trotoar di sekitar jalan Leuwipanjang Bandung yang membuat kemarahan netizen dan menjadi viral. Akan tetapi setelah aparat keamanan menindaklanjuti tentang adanya kejadian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaku merupakan warga Bojongloa Kidul, Bandung yang mengalami gangguan jiwa.
Kemudian pada Senin 21 Mei 2018 hal serupa terjadi berulang dengan adanya viral foto yang menunjukkan penampakan gara-gara ada tulisan arab di alas kaki tersebut. Foto sandal pertama kali viral di facebook, sandal itu berwarna putih kombinasi hijau, ada kata yang ditulis menggunakan huruf arab yang di baca yamin tulisan itu terpampang disisi kanan, sedangkan sandal disisi kiri bertuliskan arab dibaca syimal. Usal foto sandal ini diunggah ternyata memancing amarah nitizen, nitezen menilai sandal ini tidak boleh ditulis menggunakan bahasa arab. Banyak yang menilai huruf arab itu merupakan bagian dari ayat suci, kenapa harus dikasih lafaz arab.
Perlu dipahami bahwa bahasa arab bukanlah bahasa Alqur’an. Bahasa arab dipakai untuk kehidupan sehari-hari untuk komunikasi antar manusia sehingga saling memahami maksud dan tujuan dan sudah pasti belum tentu mengandung nilai kebenaran. Sedangkan Bahasa Alqur’an merupakan wahyu Allah dan sudah pasti mengandung kebenaran.
Umat islam sudah pasti lebih memahami penggunaan bahasa tersebut seperti kata Yogi Maher Indah di akunnya mengatakan.
Yamin dan Yasir di sandal itu hanya menerangkan bagian kanan dan kiri dalam bahasa arab.
Kanan dalam bahasa arab itu berarti Yamin.
Sedangkan kiri dalam bahsa arab itu Yasir.
Yogi menekankan kepada netizen lain bahwa Al Quran memang menggunakan huruf Arab.
Akan tetapi bahasa arab belum tentu Al-Quran.
"Nanti jangan-jangan kalo ada orang Arab ngobrol malah diaminin lagi ya?"
"Sebelum pada ngegas mending tabayun dulu," saran Yogi.
Kita hendaklah meningkatkan ilmu pengetahuan kita, sehingga kita akan lebih dewasa dalam menyikapi suatu peristiwa dan tidak mudah terpancing terhadap hal-hal yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (Salam Perdamaian)


 






0
2.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.