selokantetanggaAvatar border
TS
selokantetangga
Tokelau : Kurcaci di Dunia Nyata, Raksasa di Dunia Maya


Tahukah agan dan sista negara Tokelau? Kalau iya berarti kalian luar biasaemoticon-Shakehand2. Sebelumnya ane bahkan gak pernah denger ada negara namanya Tokelau sampai suatu hari ane dapet sms bahwa ane dapet hadiah dari BPJS dan diarahkan masuk ke bpjs336.tk. Ane baru nemu nih ada domain .tk. Pertama sih ane mikir ini domain punya tiongkok tapi setelah dipikir lagi mereka kan pakainya .cnemoticon-Hammer. Makanya ane googling karena penasaran dan akhirnya ane ketemu bahwa domain .tk itu punyanya negara Tokelau

Lalu dimanakah Tokelau?

Nah beliau ada di titik di pojok kanan atas gambar. Tokelau terdiri dari tiga atol yaitu Atafu, Nukunonu dan Fakaofo dengan total luas daratan sekitar 11 km persegi dan jumlah penduduk hanya sekitar 1400 orang dan terus berkurangemoticon-Hammer2, karena sebagian penduduk memilih untuk pindah ke Selandia Baru atau Samoa untuk mendapat kehidupan yang lebih baik. Meskipun sebuah negara, tapi Tokelau tidak mempunyai pemerintahan sendiri dan berada di bawah Selandia Baru. Ibukota Tokelau berputar setiap tahun antara tiga atol. Dan pada 2012, Tokelau dijalankan sepenuhnya oleh tenaga surya; jadi Tokelau adalah negara/wilayah pertama di dunia yang diberi daya 100% oleh energi terbarukan.emoticon-Shakehand2.


Hebat kan? Sebenernya gak juga sih karena Tokelau memiliki GDP terkecil dari negara atau wilayah manapun di dunia. Dengan pendapatan kurang dari $ 500.000 dan pengeluaran sekitar $ 2,8, Tokelau bergantung pada bantuan dari Selandia Baru untuk memenuhi kebutuhan.emoticon-Ngakak.

Namun hal ini menimbulkan sebuah fakta yang sangat menarik. Untuk meningkatkan pendapatan negaranya, Tokelau memutuskan untuk memonetisasi nama domain .tk-nya,dengan menawarkannya kepada siapa pun secara gratis. Hari ini, lebih dari 31,3 juta situs web di seluruh dunia telah terdaftar dengan ekstensi Tokelauan (.tk).



Peta diatas adalah peta dunia online menurut domain. Terlihat tokelau (.tk) adalah yang terbesar di dunia karena digunakan oleh lebih dari 31,3 juta situs web, hampir sama dengan pendaftaran gabungan untuk dua runner-up, China (16,8 juta kali .cn) dan Jerman (16 juta kali .de). Bahkan Amerika Serikat tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Tokelau di peta tersebut karena hanya sekitar 1,6 juta web menggunakan domain .us (hanya sekitar 5% dibandingkan .tk)

Dalam model bisnis 'freemium' yang saat ini sangat populer secara online, hanya hak penggunaan yang benar-benar gratis untuk situs web yang terdaftar .tk. Kepemilikan penuh masih membutuhkan biaya. Biaya tersebut mewakili sekitar seperenam pendapatan tahunan Tokelau.emoticon-Leh Uga.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?


Ada sekitar 155 ribu web yang menggunakan domain .id. Di Asia, Indonesia menempati peringkat 9emoticon-Shakehand2, di Asean sendiri Indonesia masih dibawah Vietnam (.vn), Malaysia (.my) dan Singapura (.sg)

Jadi pesen ane kalau ada web menggunakan domain .tk, maka berhati-hatilah karena itu berbahayaemoticon-Takut.


Sumber utama
Ditambah gambar hasil googling
0
7.1K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.