• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Koleksi Peralatan Makan Kuno Ane Yang Penuh Dengan Kenangan Indah

berzanAvatar border
TS
berzan
Koleksi Peralatan Makan Kuno Ane Yang Penuh Dengan Kenangan Indah






Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada thread kali ini ane akan membahas tentang koleksi yang ane punya saat ini. Tentu semua orang mempunyai kegemaran masing-masing, ada yang suka jalan-jalan, belanja, kuliner, berolahraga hingga kegemarannya mengoleksi barang-barang mewah, unik ataupun langka.

Mungkin koleksi ane tidak termasuk barang mewah karena yang ane koleksi hanyalah peralatan makan seperti piring, cangkir, gelas, sendok, garpu dll. Namun peralatan makan yang ane koleksi merupakan peralatan kuno yang rata-rata usianya puluhan tahun. Karena sebagian koleksi ane adalah peninggalan dari nenek ane yang sudah meninggal awal tahun 2000-an yang lalu.

Spoiler for Koleksi Peralatan Makan Kuno:


Hobi mengoleksi peralatan makan kuno ini berawal dari kesukaan ane di dunia kuliner yang doyan sekali makan. emoticon-Malukhususnya kuliner nusantara. Waktu itu ane pertama kali membeli kue ke salah satu toko roti di kota ane yaitu kota Malang. tempatnya juga cukup terkenal dan kaskuser tentu sudah banyak tau toko apa yang ane maksud. Yang membedakan toko roti ini dengan toko roti lainnya yaitu selain rasa yang enak di toko ini juga menggunakan perabotan kuno peninggalan zaman Belanda, mulai dari furniture hingga peralatan makannya.

Nah dari situlah ane terinspirasi untuk menjadikan peralatan makan kuno menjadi sebuah koleksi. Untuk mulai mengoleksi langkah awal yang terpikirkan waktu itu adalah rumah nenek, karena seingat ane di rumah nenek banyak sekali perabotan-perabotan jadul tersimpan dalam rumahnya, dan rumah nenek ane juga termasuk rumah kuno peninggalan belanda dengan ciri khas tembok yang besar dan memiliki jendela yang super gede.emoticon-Belo


Spoiler for Koleksi Pertama (tampak dari samping):

Koleksi pertama akhirnya berhasil ane dapatkan dengan cara merayu nenek, walaupun cangkir ini masih banyak ditemukan diberbagai tempat namun dari sinilah akan lahir koleksi-koleksi berikutnya. Kesan sederhana dalam cangkir ini begitu jelas terlihat karena hanya memiki corak berwarna biru yang juga sangat simple.

Spoiler for Koleksi Pertama (tampak dari atas):


Oh iya, koleksi-koleksi ane ini bukan hanya untuk dipajang doang di lemari kaca, tetapi kadang juga ane gunakan saat ada acara-acara spesial di rumah. Sehingga acara tersebut akan mempunyai kesan tersendiri dan berbeda.

Dari koleksi pertama yang berasal dari hasil meminta nenek, akhirnya ane berhasil mendapatkan koleksi-koleksi berikutnya dari hasil beli ataupun kado pemberian dari seseorang.

Spoiler for koleksi berikutnya:


Dalam mengumpulkan semua koleksi tentu juga butuh perjuangan dan juga banyak melalui suka duka. Sukanya yaitu jika kita mendapatkan barang yang cukup langka ataupum kuno dengan harga yang murah. Suka lainnya yaitu ketika koleksi kita lebih lengkap dari pada koleksi kepunyaan orang lain, sehingga rasa senang dan bangga bisa kita rasain. emoticon-Embarrassment
Ada sukanya tentu juga ada dukanya, yang paling sering ane alami adalah salah satu koleksi jatuh ataupun terbentur dan berakhir pecah, itu yang bikin nyesek, padahal ane sudah berhati-hati agar tidak rusak emoticon-Berduka (S)

Spoiler for sebagian koleksi:


Walaupun sering banyak orang yang menganggap hobi ane ini dengan sebelah mata bahkan mencibir tapi tetap ane setia dengan hobi mengoleksi ini. Mereka kadang berfikiran kalo koleksi peralatan makan itu adalah hobbi "kurang kerjaan dan sia-sia, yang penting itu makanannya enak".
Menurut ane hal tersebut juga memang benar dan tidak ada salahnya, tetapi menurut ane apapun yang masuk ke diri kita akan berpengaruh juga terhadap diri kita sendiri, termasuk saat kita makan dengan peralatan makan kuno. Yaaah nilai estetikanya lebih dapet lah... Apalagi peralatan makan tersebut punya sejarah/kenangan yang indah. Seperti makan dengan pasangan tentu akan lebih enak dibandingkan makan sendirian dirumah.emoticon-Ngakak (S)
Nilai itulah yang tidak bisa tergantikan dengan hal lainnya.

*****

Mungkin segini dulu ya pembahasan mengenai koleksi yang ane punya, walaupun gambar foto yang ane tampilkan cuma sebagian saja dari koleksi-koleksi ane. Karena cukup khawatir juga saat memfoto terus tidak sengaja dan jatuh hingga pecah emoticon-Takut (S)

Mungkin kaskuser juga ada koleksi yang serupa dengan hobi yang ane lakuin. Silahkan berbagi ceritanya disini.. emoticon-Wink

Sekian & Terima Kasih
emoticon-Cendol (S)



Pemikiran TS sendiri
Gambar : Dokumentasi pribadi
nona212
nona212 memberi reputasi
1
1.7K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.