dilan1994Avatar border
TS
dilan1994
mohon masukan gan untuk kasus jual beli ane
Permisi agan agan semuanya

Ane mau tanya gan. sekitar lebih dari 2 bulan lalu ane jual laptop dengan kondisi Hidup bisa digunakan namun dengan beberapa minus. kondisi minus laptop tersebut sudah ane jelaskan detail di thread dan ane jual pun dengan selisih harga 4 juta dari harga yang kondisinya normal, hitung2 untuk biaya servis. 

Singkat cerita, ada yang minat dengan laptop ane dan kita pun COD. ketika cod ane persilahkan buyer untuk tes sambil ane jelaskan lagi minus2 dari laptop ane, ane kasih tau dimana lokasi service center dan jg biaya perkiraan servis (kebetulan beberapa hari sebelumnya ada orang dari kalimantan yang nanyain biaya servis kerusakan tsb ke service center kalimantan). dan setelah di tes dan menerima penjabaran minus barangnya dari ane, buyer nya ok dan kita transaksi. dan buyer langsung mau bawa laptop tsb ke service center hari itu jg.

Singkat cerita, satu bulan setelah transaksi, buyer kembali kontak ane untuk minta pengembalian uang karena dia bilang service center disana udah ga bisa servis laptop itu karena spare part nya udah gak ada. dan saat itu kondisi laptopnya mati. otomatis ane gak mau dong retur uang karena memang ane udah jelaskan segala minus laptop ane dan dia sudah ok yang mana ane anggap buyer mau terima segala kemungkinan dan resiko nya. dan juga ane ketika transaksi tsb kondisi laptop masih hidup dan buyer minta balikin uang dengan kondisi laptop mati. rugi dong ane ? kan ane gak tau itu laptop mati karena memang rusak atau kesalahan bongkar karena dia bilang dia udah bawa ke beberapa tempat service.

buyer tetep kekeuh minta balik uang dan nuduh ane jual barang rusak bahkan sampe nyuruh ane pikirin setiap malem apa yang ane lakuin ke dia, dia sampe sumpah bilang gak ikhlas, dll jadi seakan akan ane nipu, padahal udah jelas jelas ane jabarin seluruh minus dari laptop ane di thread dan juga sebelum transaksi, kalau memang ok ya ambil kalau ngga ya batal. dan beliau ok untuk transaksi tanpa ada paksaan sama sekali. ane jelasin minus berkali kali karena memang ane ga mau hal kayak gini terjadi. dan ternyata kejadian.

dengan itikad baik ane masih bantuin nyari spare part dan ngasih beberapa rekomendasi tempat service walau ternyata di tempat rekomendasi ane tsb ga bisa. dan per hari ini sudah hampir 3 bulan dari transaksi, beliau masih ngontak ane untuk terus cari tempat servis yang bisa.

ane mau minta masukan dari agan2, untuk kasus seperti ini yang salah di ane atau di buyer ? apa ane keitung nipu dengan kasus seperti itu ? jujur ane sama sekali ngga tau kalo ternyata spare part disana sudah ga ada untuk laptop itu karena memang itu laptop udah setahun nganggur karena ane udah ada yang baru. dan juga memang beberapa hari sebelumnya ada yang nanyain ke service center di kalimantan dan bisa.

terima kasih sebelumnya, mohon maaf ceritanya panjang 
0
1.8K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.