azkaraharja999Avatar border
TS
azkaraharja999
Timses Jokowi: Hentikan Impor Bisa Ganggu Hubungan Negara ASEAN

MENGHENTIKAN EKSPOR BUKAN SOLUSI, JUSTRU MENJADI KESENJANGAN HUBUNGAN ANTAR NEGARA ASEAN

Menanggapi Calon presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto yang akan menargetkan pemberhentian impor untuk menciptakan negara Indonesia yang berdikari jika terpilih jadi presiden, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin Arya Sinulingga mengaku khawatir.

Jika ini direalisasikan akan mengganggu hubungan antar negara, khususnya ASEAN. Sebab, hubungan antar negara ASEAN justru dibentuk melalui ekspor dan impor.

Karena, ekspor dan impor di kalangan negara ASEAN adalah sesuatu yang lumrah, karena saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Dan itu juga yang membuat mereka saling memberikan ketergantungan, saling tergantung ekonomi. Artinya saling support apa yang tidak dimiliki Indonesia akan kita ambil dari ASEAN, apa yg tidak dimiliki oleh negara-negara ASEAN akan dipenuhi Indonesia," ujar Arya di Jalan Cemara, Jakarta, Kamis, 15 November 2018.

Indonesia sendiri memiliki kapasitas ekspor yang cukup besar. Seperti misalnya ekspor mobil ke Filipina dan Malaysia.
Ia menambahkan, bisa dibayangkan akibatnya bila Indonesia mengambil sikap protektif terhadap hal itu. Apalagi, Indonesia sendiri juga mengandalkan pariwisatanya sebagai sumber devisa negara yang kedua.

"Padahal, banyak wisatawan sekarang ini dari negara ASEAN," tukas Arya.

Arya menjelaskan, pertumbuhan Indonesia yang pesat dapat mengalami kesulitan bila sikap protektif terhadap ekspor dan impor dijalankan.

"Kemudian sikap-sikap permusuhan yang tidak begitu, tidak bersahabat dengan negara ASEAN, justru kita lihat ini bisa berbahaya bagi hubungan yang sangat baik selama ini yang dibawa oleh Indonesia," tuturnya.

Pemerintah Indonesia bisa saja berganti-ganti kepemimpinan, tapi negara Indonesia sendiri harus tetap menjadi negara yang menjaga tali persahabatan dengan ASEAN.
Spoiler for Sumber Berita:


Kita Itu Hidup Sosial bukan individual antara negara,
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Suruh Stop Ekspor? Otaknya di dengkul kali ya?
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.