.nona.Avatar border
TS
.nona.
Siapakah Sunan Paling Sakti Di Walisongo ?





jika selama ini di masyarakat yang paling banyak diceritakan ialah kehebatan sunan Kalijaga (Raden S9yahid), ternyata sunan Kalijaga tidak sehebat atas Kanuragan yang dikuasai oleh sunan Muria (Raden Umar Said) yang justru jauh lebih hebat dari pada sunan Kalijaga.

Masih banyak yang belum tahu bukan siapa itu sunan Muria dan mengapa lebih hebat dari sunan kalijaga ?

Menurut beberapa bacaan yang di pelajari salah satu kehebatannya bisa dilihat dari kisah pernikahannya dengan Dewi Roroyono yang tidak lain adalah putri seorang ulama di tanah Jawa yakni sunan Ngerang. Sunan Ngerang sendiri pernah mengumpulkan semua muridnya, termasuk sunan Muria dan sunan Kudus untuk memperingati hari lahir putrinya tersebut.



Dan dalam kesempatan itu, dengan mata batinnya, sunan Ngerang melihat kesaktian mandraguna dalam diri sunan Muria ketimbang muridnya yang lain. Maka singkat cerita, setelah dites dengan berbagai kemampuan, akhirnya sunan Muria dinikahkan dengan Dewi Roroyono atas kemampuan dan kehebatan sunan Muria.

Walau begitu sunan muria merupakan putra dari Sunan Kalijaga yang menikah dengan Dewi Soejinah, putri Sunan Ngudung. Nama Sunan Muria sendiri diperkirakan berasal dari nama gunung (Gunung Muria), yang terletak di sebelah utara kota Kudus, Jawa Tengah, tempat dia dimakamkan.



Memang cerita kehebatan sunan muria ini dianggap legenda dan cerita rakyat, karena sunan ini benar-benar merakyat selalu berada di tengah masyarakat kecil.

Sunan Muria, seperti wali-wali lainnya, menyebarkan agama dengan cara lembut, sejuk tapi sangat efektif. Namun tetap tegas bila sudah menyangkut “syirik”. Beliau sangat akrab dengan petani dan nelayan. Semoga di zaman sekarang masih banyak ulama-ulama hebat seperti beliau hingga zaman terus berganti namun ilmunya tak pernah punah.

Hingga saat ini kompleks Makam Sunan Muria merupakan salah satu living monument yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi oleh para peziarah. Selamat jalan sunan Muria namun jasamu tetap dikenang.

emoticon-Angel


Sumber: walisembilan.com/sunan-wali-songo-paling-sakti-bukanlah-sunan-kalijaga-lalu-siapakah/





Diubah oleh .nona. 03-01-2019 04:32
0
13.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.