skydaveeAvatar border
TS
skydavee
The Hidden Beauty, Sri Gethuk Waterfall
Never ending Jogja..
dok.pribadi

Sesekali tak ada salahnya untuk meliuk sudut lain Yogyakarta, memasuki daerah Gunung Kidul yang terkenal dengan eksotisme alamnya. Melintasi jalur Wonosari, melewati pusat kecamatan Playen sampai menemukan arah Bleberan adalah salah satu rute yang bisa ditempuh menuju Air Terjun Sri Gethuk yang berada di tepian Sungai Oyo, Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul.

Daerah Gunung Kidul yang kering, memiliki pesona tersembunyi yang memerlukan jarak tempuh kurang lebih 37 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Diantara bebatuan karst yang tandus, butiran butiran air yang merupakan percampuran dari tiga sumber mata air yaitu Ngandong, Ngumbul dan Kedungpoh ini mengalir membentuk air terjun yang dikenal dengan nama Sri Gethuk. Di tengah teriknya sengatan matahari musim kemarau, percikan percikan air lembut di udara akibat hentakan air terjun di bebatuan yang mengalir dalam beberapa titik aliran ini terasa menyejukkan.

dok.pribadi

Tiket masuk ke air terjun ini tidaklah mahal, hanya sekitar 10 ribu rupiah (harga sewaktu waktu bisa berubah), dan ini sudah termasuk tiket masuk Goa Rancang Kencana. Sangat menarik!

Untuk menuju ke spot air terjun ini diberikan dua pilihan rute, yaitu jalur tracking dan jalur air melalui kapal. Perjalanan singkat menaiki kapal ini bisa anda pilih kalau tidak ingin terlalu lelah mendaki, cukup dengan mengambil arah kiri menuju pos antrian kapal dan membayar 10.000 rupiah maka anda akan diantar dan dijemput kembali melintasi sungai yang airnya berwarna kehijauan dan cantik.

dok.pribadi

Sedangkan jalur tracking yang cukup menantang akan menuntun pada undakan undakan anak tangga yang jumlahnya lebih dari 90 buah, naik dan turun, cukup membuat kita berkeringat. Tapi yakinlah, lelah itu akan terbayar dengan sentuhan udara sejuk diantara pepohonan yang bergerisik. Dan kesegaran pemandangan air terjun di ujungnya.

dok.pribadi

Setibanya di air terjun, kita bisa menyentuh dan bermain air yang bening dan mengambil spot foto yang bagus. Tapi ingat, utamakan keselamatan terlebih dahulu. Jangan sampai tergelincir, karena batu batu pijakannya cukup licin.

dok.pribadi

Setelah cukup lelah berjalan, pasti perut mulai tidak bisa diajak kompromi. Jangan khawatir, ada banyak warung makanan di atas yang bisa memanjakan lidah dan perut dengan harga bersahabat. Tapi setidaknya bawalah cukup air putih di botol minuman yang bisa diisi ulang untuk mengurangi penumpukan sampah plastik. Dan jagalah etika berwisata dengan sopan. Jangan pernah terlintas untuk melakukan aksi vandalisme yang merusak lingkungan. Ayo kita sayangi indahnya alam kita, karena ini Indonesia kita bersama!

dok.pribadi


Lets find the natural hidden beauty of Jogja
😉

©Skydavee 2019
Diubah oleh skydavee 31-01-2019 09:29
10
5.3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread•11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.