Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GenPicoAvatar border
TS
GenPico
Ini Loh yang Bikin Betah menumpang Bus Trans Jawa
Bus Trans Jawa yang memiliki fasilitas super nyaman. (Foto: PO Mulya Sejahtera)





Bus trans Jawa resmi beroperasi sejak Kamis, 14 Februari 2019 lalu. Kehadiran bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini banyak menjadi perbincangan. Bagaimana tidak, armada ini memiliki sejumlah sarana yang membuatnya senyaman pesawat. Berikut kelebihan bus trans jawa yang bisa jadi alternatif baru buat kamu yang mau bepergian dari Jakarta ke Solo atau sebaliknya.


Spoiler for Ruangan VIP Bus Trans Jawa. (Foto: Kompas.com):


Hemat Waktu
Sejak diresmikannya 7 ruas jalan Tol Trans Jawa oleh Presiden Joko Widodo Desember 2018 lalu, waktu tempuh dari Jakarta ke sejumlah kota di Pulau Jawa menjadi jauh lebih singkat. Dalam kondisi ideal, bus Trans Jawa dapat melaju rute Jakarta-Semarang sejauh 480 kilometer selama kurang lebih 6 jam perjalanan. Waktu tempuhnya ternyata hampir sama jika kamu menggunakan kereta api, yakni sekitar 6 hingga 7 jam perjalanan.

Bangku yang Empuk dan Nyaman
Bangku bus Trans Jawa dirancang untuk memberi kenyamanan bagi penumpang. Selain empuk, juga terdapat penopang kaki pada bagian bawah kursi sehingga nyaman untuk perjalanan yang cukup jauh. Selain itu ruang kaki untuk penumpang kelas regular juga cukup luas, sehingga kaki penumpang tidak perlu ditekuk terlalu lama.

Anti-guncangan
Bus Scania tipe K410IB memakai sistem transmisi semiotomatis yang membuat peralihan transmisi terasa lembut. Di dalam bus ini penumpang akan mudah terlelap karena suasana kabin yang cenderung senyap. Bus juga dilengkapi dengan teknologi ABS (anti-lock brake system) dan retarder/exhaust brake yang membuat penumpang merasa baik-baik saja saat bus sedang mengerem atau melaju kencang.

Fasilitas yang lengkap
Di setiap kursi disedikan Audio Video on Demand (AVOD) dengan teknologi layar sentuh yang bisa yang digunakan untuk menonton atau pun mendengarkan musik. Seialin itu juga ada USB port yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai smartphone sepanjang perjalanan. Fasilitas lainnya di dalam Bus Trans Jawa adalah CCTV di tiap lantai, dispenser, sejumlah stop kontak untuk mengisi daya gawai, dua toilet umum, serta ruang khusus merokok.

Harga tiket bus double decker untuk jurusan Jakarta-Semarang-Solo ini cukup bersaing dengan harga kereta api kelas ekonomi premium yang berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000. Untuk kelas reguler di lantai 2 dengan kapasitas 38 kursi, 1 tiket bus Trans Jawa bisa dibeli seharga Rp. 195.000. Sementara tiket VIP di lantai bawah, dengan kapasitas 6 kursi seharga Rp 325.000.

Bus yang dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera ini berangkat dari Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, pada pukul 07.00 pagi. Sementara untuk rute Solo menuju Jakarta berangkat pukul 19.00 malam dari Terminal Tirtonadi, Solo. Dan untuk keberangkatan pada 14-18 Februari 2019, ada tiket promo Rp 50 ribu untuk rute Jakarta-Semarang-Solo. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Reporter: Yasserina Rawie
Redaktur: Paskalis Yuri Alfred P


Sumber


-1
3.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.