wirocxAvatar border
TS
wirocx
Setya Novanto Bisa Kembali Lapas Sukamiskin
© P Aditya Prakasa Setya Novanto saat ini ditempatkan di dalam sel dengan pengamanan maksimum. Dia diwajibkan mengikuti assessment dari Bapas Bogor.

Bandung: Meski terpidana korupsi KTP Elektronik Setya Novanto kini berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, namun kemungkinan masih bisa berpindah kembali ke Lapas Sukamiskin Bandung. Hal itu tergantung penilaian dari pembimbing Kemasyarakatan Badan Pemasyarakatan (Bapas) terhadap perilaku Setya Novanto.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Liberti Sitinjak menjelaskan Setya Novanto saat ini ditempatkan di dalam sel dengan pengamanan maksimum. Dia diwajibkan mengikuti assessment dari Bapas Bogor.

Selain assesment, setiap tindak tanduk dari Setnov akan dilakukan penilaian. Jika memenuhi standar dan dianggap ada kemajuan, maka status sel yang ditempati Setya Novanto akan diturunkan di tingkat pengamanan medium hingga bisa kembali ke Lapas Sukamiskin.

"Skor (nilai) itu menempatkan dia apakah masih di maksimum, medium, atau masuk lagi ke maksimum. Karena ini persoalan perilaku," kata Liberti di Gedung Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat, Rabu 19 Juni 2019.

Seperti diketahui, Setnov diduga melakukan pelanggaran dengan mengunjungi salah satu toko bahan bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Namun Liberti mengklaim bahwa insiden itu merupakan yang pertama kali terjadi.

"Saya berani katakan ini peristiwa pertama semenjak saya bertugas menjadi Kakanwil. Makanya saya ambil tindakan tegas, tidak menunggu. Sekali melakukan pelanggaran berat, kita tindak," kata dia.

Bahkan, kata dia, sebelumnya Setya Novanto sempat diperingatkan olehnya untuk tidak menyalahgunakan izin berobat ke luar Lapas Sukamiskin. Namun peringatan tersebut tidak dipatuhi oleh mantan Ketua DPR Ri itu.

"Saya sudah peringatkan, kalau recovery ya untuk recovery, bukan untuk yang lain. Jadi saya melakukan pengawasan juga," kata dia.



SUMBER:
https://nusantara.medcom.id/jawa-bar...as-sukamiskin
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.