Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vika991Avatar border
TS
vika991
Rudiantara: Ada yang Potong Kabel Telkomsel di Papua


Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan padamnya layanan telepon dan SMS di Jayapura, Papua, bukan disebabkan kebijakan pemerintah. Melainkan, adanya kerusakan pada jaringan optik Telkomsel.

"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura," ujar Rudiantara dalam keterangan tertulis Kamis malam, 29 Agustus 2019.

Untuk itu, Rudiantara mengatakan Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali. "Kami juga sudah koordinasi dengan POLRI atau TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka."

Terkait peristiwa di Papua itu, Rudiantara menegaskan bahwa kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data dan tidak ada kebijakan black out. Sementara, layanan suara alias telepon serta SMS tetap difungsikan. Pemerintah telah memberlakukan pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat sejak Rabu, 21 Agustus 2019.

Mengutip Antara, sejumlah pusat perbelanjaan dan perkantoran yang ada di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, memilih tutup karena demonstrasi besar-besaran yang dimulai sejak Kamis pagi. Diperkirakan sekitar 1.000 orang menduduki kawasan Lampu Merah Abepura. Ada yang membawa bendera motif bintang hitam berlatar merah.

VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan tertulisnya menuturkan saat ini layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan. Perusahaan, kata dia, sedang mengusahakan percepatan perbaikan dan terus berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk mengembalikan layanan telepon dan SMS bisa normal kembali.

Selain di Jayapura, Papua, Telkomsel memantau adanya kebakaran Gedung Layanan TelkomGroup di Koti. "Kami sedang menginventarisir kondisi di sana dan akan segera kami informasikan dalam kesempatan pertama," kata Denny.
slanker.nasbung
24719
irmanator
irmanator dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.3K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.