kripikcasciscusAvatar border
TS
kripikcasciscus
SURAT TERBUKA UNTUK MARKET ONLINE TOKOPEDIA
surat terbuka ini tidak hanya untuk tokopedia, tapi juga untuk marketplace lain yg menggunakan system rekber.

Kronologis cerita berawal dari pesanan tanggal 28 saya kirim pesanan tanggal 29, barang sampai tanggal 30 dan tanggal 1 dikomplain dengan alasan "barang tidak sesuai deskripsi kemasanya kecil banget". Padahal di deskripsi saya menulis 100gr dan saya kirim keripik seberat 125gr.

lalu buyer beralasan lagi " kemasanya tipis tidak meyakinkan" sesungguhnya saya ini menjual keripik bukan menjual kemasan. jikalau mau kemasan yg tebal dan bagus pasti harga lebih mahal lagi.

akhirnya karena saya malas berlama-lama karena yg dijual adalah produk makanan yang takutnya menjadi rusak saya minta barang di kembalikan dan uang akan saya refund. tapi si buyer beralasan lagi mengatakan barangnya sudah laku 3. mau dibalikin 7. semakin aneh saja disini saya mulai bingung dengan market place TOKOPEDIA yang masih menahan uang saya padahal saya sudah menekan tombol bantuan.

sebagai seller saya dibikin seenaknya oleh buyer. namun pihak tokopedia tidak ada respon apa2. sekarang sudah tertanggal 5 mei 2015 berarti sudah satu minggu uang di tahan tokopedia. sedangkan batas komplain itu 2-3 hari... saya selaku seller tidak bisa berbuat apa2 HAK sebagai seller tidak disebutkan di peraturan tokopedia... motonya jual beli aman. namun dengan seperti ini saya sangat di rugikan. Barang di ambil buyer uang ditahan tokopedia. karena untuk melanjutkan uang tokopedia hanya bergantung buyer klik lanjutkan dana.... mungkin cuma saya yang diperlakukan seperti ini.

kalau memang product saya bermasalah kenapa ada pembeli lain memberi feedbaik baik dan akan membeli lagi.

"bagaimana bila buyer adalah pesaing jualan" apa tokopedia akan tetap diam saja?
" bagaimana bila buyer cuma mempermainkan saya" apa tokopedia diam saja?
"bagaimana bila buyer tidak mengerti apa yang dia complaint" apa tokopedia diam saja?


tolong buat aturan yg bisa seimbang antara buyer dan seller jangan terlalu memanjakan buyer & berat sebelah.



Hingga saat ini 5 mei 2015 masalah belum juga diselesaikan. karena saya tidak mau bila dikembalikan sebagian.
bagaimana bila kita menjual batu cincin dan batu cincin tersebut tidak disukai namun dirusak sedikit sama buyer buyer mau mengembalikan barang tidak utuh. apa kita masih mau terima?


terima kasih. mohon maaf bila ada salah2 kata


bukti screen shoot
Spoiler for mempermainkan:





bukti pembeli lain di tanggal yang sama
Spoiler for semua yang dikirim sama percis keripik tempenya:



Problem Solved.


Thank's tokopedia. mungkin hak seller ditambahkan... tidak perlu persetujuan buyer lagi kalo sudah cukup bukti buyer main - main.
Diubah oleh kripikcasciscus 06-05-2015 03:53
0
9.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Terbuka Jual Beli
Surat Terbuka Jual Beli
6.4KThread369Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.