• Beranda
  • ...
  • Android
  • Sejumlah Aplikasi Android Disusupi Malware yang Bisa Kuras Dompet Pengguna

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Sejumlah Aplikasi Android Disusupi Malware yang Bisa Kuras Dompet Pengguna

Malware jahat masih menjadi salah satu momok bagi pengguna Android. Malware ini bisa merugikan pengguna karena merusak smartphone. Sekarang malware gak hanya merusak ponsel atau sistem operasinya GanSis, tapi udah bisa menguras dompet sang pemiliknya. Hal ini bisa aja terjadi jika pengguna gak waspada.


Dikutip dari Ars Technica, ada 11 aplikasi yang disusupi malware jenis baru ini. Kesemua aplikasi ini sebenarnya asli dan bisa berjalan sesuai dengan fungsinya, tapi tetap bisa dengan mudah disusupi malware. Malware mendaftarkan pengguna ke layanan berlangganan yang mahal tanpa sepengetahuan mereka.

Malware ini diberi nama Joker. Joker udah menghantui Google Play Store sejak tahun 2017. Malware ini akan menunggu selama beberapa jam hingga beberapa hari setelah aplikasi diinstal sebelum mengaktifkan dirinya untuk menghindari deteksi malware milik Google.

Berita bagusnya, ke – 11 aplikasi ini udah ditarik Google dari Google Play Store. Dan untuk pengguna yang udah terlanjur menginstal aplikasi ini, Google meminta untuk segera menghapusnya. Berikut ini ke – 11 aplikasi tersebut:


Quote:


Selain menghapus aplikasinya, pengguna juga disarankan untuk mengecek tagihan kartu kredit mereka. Hal ini bertujuan untuk melihat jika kredensial mereka telah didaftarkan untuk layanan berlangganan. Jika terdapat informasi yang tidak sesuai, maka pengguna segeralah untuk berhenti berlangganan.

Malware Joker dinilai sangat sulit untuk dideteksi oleh Google. Joker kemungkinan besar akan kembali lagi dengan varian yang lebih bandel. Supaya gak disusupi joker, instal – lah aplikasi dari developer yang udah terbukti keabsahannya.



dhinyzfrn
spititz
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
AndroidKASKUS Official
29.4KThread12.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.