PaPi.GaGaAvatar border
TS
PaPi.GaGa
Ngerasain zoom fatigue Gan? Cobain tips ini deh!
Sering ngerasa capek gara-gara kebanyakan video conference selama WFH Gan? 
Mungkin kamu lagi merasakan apa yang dinamakan Zoom Fatigue. 

 

Zoom fatigue merupakan istilah slang yang muncul untuk merujuk orang-orang yang merasakan efek kelelahan menggunakan zoom sepanjang waktu untuk berbagai macam aktivitas ataupun pekerjaan.

Meski istilah ini menggunakan kata Zoom, tetapi Zoom fatigue sendiri merujuk pada keadaan sama yang dialami oleh pengguna aplikasi video conference lain seperti Google Meet, Google Hangouts, FaceTime, Skype dan sebagainya. 


Salah satu penyebab Zoom fatigue adalah karena kamu harus selalu fokus dan merasa seperti diawasi. Selain itu ada juga yang bilang zoom fatigue muncul karena efek lain kerja remote Gan. Ini karena karyawan mulai tidak dapat mebmedakan mana waktu istirahat dan pekerjaan karena semua dilakukan di satu tempat.

Nah, kalau kamu mengalami apa yang dinamakan zoom fatigue ini, ada beberapa tips yang dilansir dari artikel berikut untuk membantu kamu mengatasinya. 

1.  Mempraktikkan teknik 20-20-20

 


Cobalah praktikkan teknik  20 20 20 saat melakukan video conference. Caranya adalah  meluangkan waktu 20 menit untuk melihat benda sejauh 20 kaki selama 20 detik saat virtual meeting berjalan.

Dengan melakukan itu, akan membuatmu bisa teralih sebentar dari layar zoom.

2. Memberi jeda untuk beristirahat pada setiap rapat

 


Cara lain mengatasi Zoom fatigue yakni dengan membatasi jeda waktu selama 15 - 20 menit sebelum kamu beralih dengan meeting selanjutnya. 

Ingat rapat online yang dilakukan secara terus menerus bisa benar-benar melelahkan. Tak ada salahnya bila kamu meminta jeda istirahat sebelum kembali rapat dengan tim lainnya.

3. Jangan mencoba multitasking

 


Saat kamu melakukan virtual meeting sebaiknya kamu tidak melakukan tugas apapun, contohnya seperti  membalas email yang masuk. 

Sebuah penelitian dari Harvard menyebutkan bahwa multitasking akan memakan sekitar 40 persen dari waktu produktif yang kita miliki. 

4. Batasi jumlah meeting virtual

 


Cara lainnya untuk mengatasi Zoom fatigue yang mungkin dilupakan adalah membatasi keberadaan meeting virtual.

Alihkan meeting melalui media lain baik itu email dengan catatan yang lengkap ataupun telepon karena rasanya itu masih efektif untuk dilakukan. 

5. Berikan agenda waktu yang jelas
 


Pastikan semua anggota harus memiliki komitmen yang kuat untuk mengadakan virtual meeting dengan mempertimbangkan waktu mulai dan berakhir.

Hal ini dilakukan supaya yang diutarakan dalam rapat memang benar-benar hal penting  sehingga waktumu tidak tersita hanya karena harus melakukan rapat online..



Itu beberapa tips yang bisa kamu ikuti Gan. Gimana dengan pengalaman kamu selama melakukan video conference dan wfh ini? Ada tips lain yang bisa kamu bagikan agar Agan Sista di sini tidak mengalami zoom fatigue ini?
Boleh lah komen dimari. 
emoticon-Toast
Diubah oleh PaPi.GaGa 20-07-2020 08:46
tommyprass
ujellyjello
galigulagalu
galigulagalu dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.