• Beranda
  • ...
  • Health
  • Mengapa Digigit Nyamuk Terasa Gatal? Berikut 3 Bahan Alami Untuk Mengatasinya!

Richy211Avatar border
TS
Richy211
Mengapa Digigit Nyamuk Terasa Gatal? Berikut 3 Bahan Alami Untuk Mengatasinya!


Sumber: link gambar


Selamat siang Agan dan Sista. Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia.


Nyamuk adalah salah satu hewan yang bikin jengkel, apalagi saat musim hujan seperti ini. Mereka suka berkeliaran di waktu malam hari saat kita sedang tertidur lelap. Terutama ane yang sedang asyik tertidur dan tiba-tiba nyamuk itu datang, lalu menggigit salah satu bagian tubuh. Yang paling sering sih bagian kaki dan tangan.


Tahu-tahu ane merasakan rasa gatal yang luar biasa dan kemudian ane langsung menggaruknya dengan tangan.
Biasanya sebelum rasa gatal itu muncul dibarengi dengan kulit yang bentol atau kemerahan. Padahal di kamar ane sudah dipasang obat nyamuk elektrik, tapi rasanya kadang kurang mempan Gansis. Apakah Gansis mengalami hal serupa dengan ane?


Nah, tahukah Gansis nyamuk itu sejatinya bukan menggigit tapi menusukkan mulutnya yang seperti jarum ke dalam kulit tubuh kita. Jenis nyamuk yang melakukan hal ini adalah nyamuk betina guna menghisap darah kita.


Kemudian ada informasi penting Gansis bagi yang kudet sama seperti ane ini. Mungkin selama ini kita mengira bahwa rasa gatal dan bentol pada tubuh itu adalah akibat gigitan atau air liur nyamuk itu. Padahal, ini adalah respon dari sistem imun tubuh kita terhadap air liur si nyamuk tersebut. Manusia kan punya sistem kekebalan tubuh yang merespon alergen dengan mengeluarkan histaminini. Sehingga kulit tubuh kita jadi bentol dan juga merasa gatal.


Jika merasa gatal otak kita secara alamiah pasti akan menggaruknya hehehe. Cuma ane suka sebel juga kalau bekas garukan tangan itu biasanya meninggalkan bekas. Oleh karena itu, kalau merasa gatal karena terkena gigitan nyamuk ada beberapa bahan alami yang bisa kita pakai seperti berikut ini.



1. Es Batu




Sumber: link gambar


Saat kita merasakan gatal akibat gigitan nyamuk, tempelkan es batu ke area kulit yang gatal itu. Pasalnya es batu ini dapat menenangkan saraf, namun jangan kelamaan takutnya bisa bikin kulit terasa panas.



2. Lidah buaya




Sumber: link gambar


Cara ampuh lain untuk menghilangkan rasa gatal akibat digigit nyamuk yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya. Cukup oleskan saja gel lidah buaya ini ke area kulit yang bentol dan memerah.


3. Minyak kayu putih




Sumber: link gambar


Nah kalau bahan yang terakhir inilah yang sering ane gunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol akibat digigit nyamuk. Makanya di tempat tidur ane selalu sedia minyak kayu putih, jadi kalau nyamuk menyerang dan kulit gatal langsung olesi saja dengan ini dan terbukti ampuh.



Sekian thread dari Richy211. Terima kasih untuk selalu meninggalkan jejak komentarnya.



Sumber: link 1,
link 2dan opri
Diubah oleh Richy211 02-07-2021 06:03
MAQ375
anton2019827
aryanti.story
aryanti.story dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.