• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah 7 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa di Dunia, No 6 Masih Film Bisu

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Inilah 7 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa di Dunia, No 6 Masih Film Bisu
Selamat datang kembali di thread ane gan.

Film adalah suatu gabungan berbagai jenis seni yang sudah lama ada dan sudah dimulai sejak era film biru di era 1900an. Sampai saat ini Hollywood masih menjadi pusat industri perfilman terbesar dunia dan punya andil yang besar dalam sejarah film internasional. Beberapa tahun yang lalu University of Turin di Italia membuat penelitian dengan ribuan film yang datanya diambil dari IMDb dan di situ ditemukan beberapa film paling berpengaruh sepanjang masa yang artinya film-film tersebut punya pengaruh yang kuat terhadap film-film berikutnya bahkan pengaruhnya masih ada sampai sekarang di dunia perfilman.

Nah gan berikut ini adalah deretan film paling berpengaruh sepanjang masa.

1. The Wizard of Oz (1939)


Film The Wizard of Oz menjadi film paling berpengaruh sepanjang masa. Film klasik ini memberikan nuansa fantasi yang luar biasa untuk ukuran film yang dirilis pada 1939. Teknologi pada saat itu belum secanggih sekarang namun para sineas di zaman itu mampu memproduksi film fantasi yang warisannya masin diterapkan hingga sekarang. Karena setelahnya, banyak film fantasi serupa bermunculan. Film ini mengisahkan seorang gadis bernama Dorothy yang diabaikan oleh paman dan bibinya lalu tiba-tiba dia masuk dunia fantasi yang bernama The Legend of Oz.

2. Star Wars (1977)


Star Wars lahir dari imajinasi seorang George Lucas dan merupakan film opera antariksa paling berpengaruh. Film tersebut memberikan detail dunia fiksi yang sangat mendetail dan dengan menggunakan teknologi canggih di zamannya. Waktu itu belum ada CGI dan semuanya masih practical effect. Dari sebuah imajinasi yang ditulis tangan, Star Wars berubah menjadi sebuah franchise yang mampu menggasilkan milyaran dollar. Star Wars sendiri mengisahkan peperangan dan antara kebajikan dan kejahatan dalam balutan nuansa politik di galaksi nan jauh di sana.

3. Psyhco (1960)


Film karya Alfred Hitchcock ini berpengaruh karena gaya pendekatan ceritanya masih terus digunakan oleh para sutradara lainnya hingga saat ini. Nuansa ketegangan dalam film Psyhco memang dibangun dengan mempengaruhi psikis penonton di mana penonton diajak seakan berhadapan langsung dengan sang psikopat. Film ini mengisahkan seorang perempuan yang membawa kabur uang perusahaannya kemudian dalam pelariannya dia menginap di motel sepi yang penjaganya ternyata adalah seorang psikopat bengis.

4. King Kong (1933)


Kong yang kita tonton dan bertarung dengan Godzilla merupakan makhluk fiksi yang semuanya berawal dari film King Kong rilisan tahun 1933. Film tersebut ditulis dan disutradarai oleh Merian C Cooper yang mampu menghasilkan pengaruh yang kuat dalam industri film Hollywood. Teknologi yang digunakan adalah teknik stop motion dan tentu saja sulit dibuat pada masa itu.

5. 2001: A Space Odyssey (1968)


Bagi sebagian orang, film karya Stanley Kubrick ini terasa membosankan. Tapi bagi para kritikus film ini adalah sebuah masterpiece. Film ini secaea garis besar mengisahkan bagaimana manusia menggunakan teknologi dari masa lalu hingga masa depan. Dalam film ini manusia digambarkan menggunakan teknologi yang belum ada pada saat film ini dibuat namun sudah ada sekarang ini. Contohnya adalah perangkat tablet, video call sampai teknologi AI seperti siri.

6. Metropolis (1927)


Film bisu.fiksi ilmiah ini bukanlah berasal dari Hollywood melainkan dari Jerman. Film ini dianggap menjadi pionir film fiksi ilmiah bertemakan distopia dan saat itu masih era film bisu. Film ini berlatar di tahun 2026 di mana umat manusia hidup dalam teknologi canggih namun hidup dalam perpecahan antara si miskin dan si kaya. Terciptalah sebuah pemberontakan buruh dengan cara membuat robot canggih. Film ini dipuji secara teknis dan visual di mana konsep cerita seperti ini masih terus dipakai di era sekarang.

7. Citizen Kane (1941)

Citizen Kane selalu ada dalam daftar film terbaik sepanjang masa. Film ini adalah karya masterpiece dari seorang Orson Welles yang juga memerankan tokoh utama dalam film ini. Film ini mengisahkan tentang seorang pria kaya raya yang berpengaruh bernama Charles Foster Kane. Sebelum meninggal, Kane memberikan ucapan terakhir yang misterius "rosebud". Seorang jurnalis lantas mencari tahu makna kata tersebut dan menelusuri kehidupan Kane dari kecil hingga dewasa. Film ini dipuji dari semua aspek dan kalangan kritikus menganggap film ini ada di atas The Godfather (1972).

Nah, itu dia pembahasannya gan. Gimana, jadul semuanya bukan? emoticon-Ngakak

Quote:
pakisal212
anton2019827
thecrawler
thecrawler dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.