anugradAvatar border
TS
anugrad
Tidur Sebelum Waktu Zuhur
Kegiatan yang dilakukan Nabi selama satu hari penuh sangat sederhana, mulai dari bangun pagi sampai dengan tidur di malam hari.

Nabi Muhammad senantiasa bangun di waktu sebelum subuh maka beliau terbangun dari tidurnya lalu kemudian mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat malam yang menjadi sholat sunnah tahajud, maka dengan adanya contoh untuk melaksanakan sholat tahajud maka ada kebaikan yang didapatkan seperti jumlah pahala yang dilipatkan selain itu doa yang dikabulkan dikarenakan menunaikan ibadah sholat di saat manusia sedang terlelap dari tidur malam.

Sholat subuh maka dilakukan oleh Nabi Muhammad dengan cara berjamaah oleh para sahabat, dengan mengumandangkan adzan untuk sholat subuh agar jamaah terbangun dari tidur menyambut pagi hari dengan melakukan sholat subuh berjamaah, maka kemudian dilakukan sholat sebanyak dua rakaat sholat subuh.

Nabi Muhammad kemudian melakukan kegiatan muhasabah diri setelah sholat subuh kemudian melakukan sholat fajar yang merupakan sholat sunnah dan terus melakukan berbagai macam sholat sebelum pagi terbit sampai dengan terlihatnya cahaya matahari sambil Nabi Muhammad menganjurkan jamaah untuk melakukan muhasabah diri selagi melaksanakan sholat sunnah.

Nabi Muhammad kemudian melakukan sholat sunnah dhuha yang memiliki keutamaan pahala sholat sunnah untuk mengawali aktivitas di pagi hari dan mampu memberikan rizki sebagaimana riwayat hadits Nabi Muhammad untuk melaksanakan sholat sunnah dhuha

"Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplaah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu."

Sholat dhuha adalah sholat sunnah tetapi sholat dhuha bisa dilakukan secara berjamaah, Nabi membolehkan sahabat untuk melakukan sholat sunnah dhuha di rumah masing-masing. Nabi Muhammad kemudian beristirahat siang hari dengan cara tidur siang sebelum waktu sholat fardhu zuhur cara tidur ini digunakan untuk memulihkan tenaga untuk melaksanakan sholat zuhur berjamaah sampai dengan beraktivitas di siang hari.

Nabi Muhammad melakukan aktivitasnya kembali sampai dengan waktu sholat ashar berjamaah dan senantiasa melakukan dzikir di waktu menjelang petang sekaligus membersihkan diri setelah dari aktivitas selama satu hari penuh, kemudian di waktu petang melakukan sholat maghrib dan isya dan mempercepat waktu untuk tidur malam untuk bisa menjaga sholat sunnah tahajud.

Sumber: [url]https://m.merdeka.com/jatim/berikut-keutamaan-shalat-dhuha-yang-wajib-diketahui-bantu-tambah-pahala-kln.html#:~:text=Keutamaan%20shalat%20dhuha%20bagi%20yang,terutama%20jika%20Anda%20ikhlas%20mengerjakannya.[/url][/url]

Afwan jika thread kurang lengkap, karena keterbatasan referensi
Diubah oleh anugrad 12-07-2021 06:41
iskrim
abdurrahman19
abdurrahman19 dan iskrim memberi reputasi
2
693
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.