Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Mengenal Fungsi Private Relay Fitur Andalan Apple Saat Browsing
Foto: yahoo.com


Perusahaan teknologi raksasa Amerika "Apple", kembali membuat terobosan baru untuk menjamin kenyamanan penggunanya. Pihak Apple dilaporkan telah memperkenalkan sebuah fitur layanan yang bernama "Private Relay." fitur ini merupakan bagian utama dari pembaruan sistem operasi barunya yaitu iOS 15, dan Apple juga berjanji untuk melakukan pembaharuan pada aplikasi penjelajahan web buatan Apple atau lebih dikenal dengan browser Safari agar menjadi lebih aman.

Jadi rencananya Apple itu akan membuat fitur enkripsi pada semua komunikasi atau lintasan data non-HTTPS, Agan dan Sista juga bisa menyembunyikan alamat IP asli GanSis layaknya menggunakan VPN. Fitur ini juga akan mengenkripsi data penjelajahan di browser Safari saat diaktifkan di komputer iPhone, iPad, atau Mac.


Ketika data dienkripsi data akan dikirim melalui dua tahap;

Foto ilustrasi dua server pada private relay | rozetked.me


1. Tahap pertama, yaitu mengubah alamat IP ke server dengan acak berdasarkan tempat lokasi tempat tinggal pengakses. Kemudian fitur ini juga akan menyembunyikan identitas perangkat GanSis dari lacakan ISP yang GanSis gunakan. Apple juga menjamin data privasi hanya GanSis yang tau dan tidak akan diketahui oleh siapa pun termasuk Apple. Selanjutnya,


Foto ilustrasi mekanisme ptivate relay | techradar.com


2. Tahap kedua, Data kemudian dikirim ke server kedua yang terpisah di mana ia didekripsi, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri kembali situs web yang di akses. Riwayat penjelajahan didekripsi melalui server kedua, sementara fitur ini menyimpan data pengguna yang sudah dienkripsi sepanjang waktu, tidak seperti layanan VPN yang sifatnya temporary atau sementara.

Metode ini menambahkan lapisan privasi ekstra yang tidak dimiliki banyak layanan VPN pada umumnya karena beberapa layanan VPN lain, umumnya menyimpan catatan tentang siapa yang terhubung ke server mereka jadi kurang nyaman karena data mereka disimpan oleh pengembang VPN.

Mengingat bahwa semua aktivitas terjadi melalui satu server, ini dapat memungkinkan siapa saja menggunakan log layanan VPN untuk melacak aktivitas pengguna. Tetapi Private Relay akan memisahkan semuanya dalam dua tahap, mirip dengan cara browser Tor yang menyembunyikan data penelusuran dan penggunanya.

Yang berarti pengguna Apple dapat mengaktifkan fitur Private Privacy tersebut dan dijamin Apple tidak akan memengaruhi kecepatan penelusuran di seluruh perangkat Apple. Setelah server pertama mengenkripsi data GanSis, tidak seorang pun yang tau tentang riwayat penjelajahan GanSis bahkan Apple sama sekali tidak dapat melacaknya setelah data enkripsi dikirim ke server kedua.

Private Relay bekerja melalui browser Safari saja yang mendukung produk Apple di iOS 15, iPadOS 15, dan macOS Monteray, sementara layanan VPN berfungsi di semua browser dan perangkat yang didukung termasuk Android.




Referensi: appleinsider.com - Advertisers expect iCloud Private Relay to end fingerprinting users
ditzdee
anton2019827
delfatesting260
delfatesting260 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.