pilotwaras108Avatar border
TS
pilotwaras108
Anies ke Anak Buah: Jangan Bangun Hal yang Hanya Bisa Difoto

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 28 Mar 2022 21:22 WIB
Jakarta -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pesan kepada pimpinan wilayah di DKI Jakarta. Anies meminta pimpinan wilayah tidak membangun hal yang hanya bisa difoto.

"Sebagian kebutuhan masyarakat tidak bisa difoto. Karena itu jangan sampai kita membangun hal yang hanya bisa difoto, padahal perlu effort serius untuk hal-hal yang tidak bisa difoto seperti kedamaian, kerukunan, kebahagiaan, dan lain sebagainya," kata Anies Baswedan membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) Kota/Kabupaten Tahun 2023, Senin (28/3/2022).

Di sisi lain, Anies meyakini pengalaman menghadapi pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir bakal menjadi pembelajaran penting. Terutama dalam menjadikan Jakarta sebagai kota berdaya saing global.

"Saya harap kepada semua untuk mengambil pelajaran atas peristiwa pandemi kemarin. Bukan hanya pada aspek kesehatan, tetapi juga perekonomian dan sosial. Harapannya pembangunan kita di Jakarta bisa memanfaatkan kejadian yang telah lalu untuk pembangunan di masa depan," imbuhnya.

Anies juga berpesan untuk menyusun perencanaan program dan kegiatan pembangunan yang mengacu pada arah kebijakan dan prioritas yang telah ditentukan pada RPD Tahun 2023-2026. Sekaligus merangkul dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam setiap perencanaan.

"Jadilah kolaborator guna mendorong partisipasi aktif warga sebagai co-creator pembangunan Jakarta. Pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha merupakan unsur yang tidak terpisahkan dalam proses perencanaan pembangunan. Sehingga kolaborasi dan sinergi antarpelaku menjadi sangat penting dalam proses perencanaan," tandasnya.


Untuk diketahui, Musrenbang Kota/Kabupaten Administrasi Tahun 2023 ini mengusung tema 'Akselerasi Keunggulan Jakarta untuk Mewujudkan Kota Berdaya Saing Global yang Berketahanan, Inklusif, dan Berkeadilan'. Pemprov DKI Jakarta menetapkan 10 poin sasaran pembangunan pada tahun depan, antara lain:

1. Pengurangan ketimpangan melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan jaminan perlindungan sosial, guna menjaga kohesivitas sosial di masyarakat, sehingga membuat kota ini tetap stabil.

2. Peningkatan Kualitas, Aksesibilitas dan Kemudahan Layanan Masyarakat di setiap wilayah yang harus dikerjakan secara serius dan dipastikan ada peningkatan pelayanan. Sehingga dapat memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan Pemprov DKI Jakarta.

3. Penurunan Kesenjangan Melalui Pembangunan Responsif Gender.

4. Pemerataan Kesempatan Pendidikan Untuk Semua dan Edukasi Terkait Pembelajaran Sepanjang Hayat. Salah satu contohnya reform di dalam penerimaan siswa baru yang mencerminkan pada prinsip kesetaraan.

5. Peningkatan Kualitas dan Harapan Hidup Melalui Perbaikan Kesehatan Perkotaan.

6. Pertumbuhan Ekonomi dan Sektor Usaha Berbasis Pengalaman dan Nilai Tambah.

Detik.com
MUF0REVER
ubingaskus
bukan.bomat
bukan.bomat dan 16 lainnya memberi reputasi
15
2.6K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.