Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alnjayaAvatar border
TS
alnjaya
Perayaan Waisak di Borobudur Dibatasi, Ini Kata Dirjen Bimas Buddha

Spoiler for https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2019/05/19/11d67ad4-2c55-4800-9f2d-2294ee01ceb9_43.jpeg?w=700&q=90:



Magelang - Perayaan detik-detik Waisak 2566 BE di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibatasi 1.200 orang. Terkait itu, Plt Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama (Kemenag) Nyoman Suriadarma berharap agar umat Buddha yang datang tetap diperbolehkan masuk.

Detik-detik Waisak 2566 BE jatuh pada Senin (16/5) pukul 11.13.46 WIB. Perayaan Waisak ini akan berlangsung di pelataran Candi Borobudur. Persiapan sejauh ini sudah dilakukan, baik di Candi Mendut dan Candi Borobudur.

Plt Dirjen Bimas Buddha Kemenag Nyoman Suriadarma mengatakan, panitia nasional Waisak sudah berkoordinasi secara teknis dengan Taman Wisata Candi (TWC) dan Balai Konservasi Borobudur (BKB) terkait yang mengikuti Perayaan Waisak di Candi Borobudur.

"Nanti pengaturannya kalau lebih mungkin domainnya di TWC dan Balai Konservasi. Tentu panitia nasional sudah berkoordinasi, teknis di lapangan mereka yang akan mengatur," kata Nyoman di sela Bhakti Sosial Perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2566 BE-2022 di Candi Borobudur, Sabtu (14/5/2022).
Meski demikian, Nyoman berharap agar umat Buddha yang sudah tiba di Candi Borobudur jangan sampai terpaksa pulang karena adanya pembatasan.

"Saya berharap berapapun yang masuk, jangan sudah sampai ada yang pulang, ada yang dibatasi, agar mereka punya semangat melaksanakan Waisak di Borobudur, sudah dua tahun tidak pernah ke sini. Saya pikir bisa sampai niat spiritual seperti itu," imbuh Nyoman.

Nyoman menjelaskan, ada umat yang bisa datang langsung mengikuti perayaan Waisak di pelataran Candi Borobudur, tapi juga ada umat yang bisa mengikuti secara hybrid. Umat di beberapa daerah juga bisa mengikuti secara online.

Seusai perayaan detik-detik Waisak, pada Senin malam akan dilangsungkan Dharmasanti. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan menghadiri Dharmasanti.

"Yang dipastikan hadir ada Menteri Agama dan beberapa menteri. Ada juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya, Ketua Umum Permabudi, dan berbagai perangkat di masing-masing dewan pimpinan pusat, baik di Permabudi maupun Walubi," ujarnya.

Ketua DPD 2 Walubi Jateng Tanto Soegito Harsono menambahkan, Dharmasanti juga akan dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

"Yang sudah konfirmasi ke kita tiga menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Menparekraf dan Menteri Peranan Wanita dan Anak. Juga wakil dari Kapolri, TNI, dan Gubernur," kata Tanto

sumur
https://www.detik.com/jateng/berita/...n-bimas-buddha

Selamat merayakan Hari Raya Waisak...
waloni
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan waloni memberi reputasi
2
1.1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.