khu.lungAvatar border
TS
khu.lung
Viral Upacara Melukat Dikomersialkan, Cuma Buat Konten Instagram?


Denpasar - Baru-baru ini viral tentang upacara Melukat yang sejatinya untuk menyucikan diri, tetapi malah dikomersialkan hanya untuk konten Instagram, bahkan TikTok.

Seorang selebtweet sekaligus Youtuber dari Bali, Ngurah Saka mengutarakan keresahannya akan upacara Melukat yang kian begeser makna dan berubah fungsinya. Dari yang semula untuk menyucikan diri, sekarang hanya untuk konten Instagram atau TikTok saja.

Apalagi makin banyak oknum yang mengkomersialisasi upacara Melukat. Dengan membayar uang sekian juta, traveler sudah bisa menjalani upacara Melukat.

Pinandita I Ketut Pasek Swastika, selaku Waka Bidang Agama dan Kerohanian PHDI Bali sangat menyayangkan prosesi melukat (penyucian diri dengan air) kini dikomersialkan dan dijadikan bahan konten Instagram.

Menurutnya, prosesi melukat yang merupakan upacara penyucian diri agama Hindu ini sangat suci dan hanya dapat dilakukan oleh umat Hindu.

"Kita sangat menyayangkan prosesi sakral melukat dikomersialkan dan dijadikan bahan konten berbayar. Kalau Melukat itu ada puja mantra, yang dilakukan oleh seorang pandita kepada umatnya," terangnya saat dihubungi, Sabtu (21/5/2022).


"Boleh-boleh saja umat di luar agama Hindu melakukan prosesi ini. Namanya mandi, bukan melukat. Bisa di pancoran, sungai, danau, asal jangan pakai kata melukat, karena sakral," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah artis tanah air berbondong-bondong melakukan upacara penyucian yang sangat sakral di agama Hindu ini. Seperti contohnya Ariel Tatum dan Pevita Pearce. Terkait hal ini, ia pun menduga jika para artis ini menggunakan jasa event organizer yang tidak memahami budaya agama Hindu Bali.

"Nah, kalau artis tamu pakai sebutan melukat itu kurang pas, karena mereka itu belum tentu Hindu lagi pula siapa yang mendampingi, siapa yang memfasilitasi siapa yang melapalkan puja mantra. Maka kurang pas lah kalau dipakai untuk komersial," tambahnya.

hot

itu oknum pandito gan. tapi oknumnya buanyak emoticon-Big Grin
emineminna
nomorelies
dasagriwa
dasagriwa dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.