kipas.angin.199Avatar border
TS
kipas.angin.199
Yura Yunita Sebut Budaya Sunda Jadi Inpirasinya Bermusik

GenPI.co - Penyanyi Yura Yunita mengaku budaya Sunda menjadi inspirasinya dalam bermusik. Hal itu disampaikannya dalam kampanye Spotify IDentitasku di Lucy in the Sky, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Wanita 31 tahun mengaku tanah kelahirannya merupakan salah satu sumbernya dalam mencari inspirasi bermusik.  "Bagi aku, budaya Sunda selalu menjadi sumber inspirasi dalam berkarya," ujar Yura di Jakarta, Rabu (12/10). Untuk itu, dia pun mengaku senang bisa berpartisipasi dalam kampanye yang dihadirkan Spotify. 

"Aku yakin para pendengar bisa menemukan identitas mereka dan menemukan rumah mereka lewat kampanye ini," ungkapnya. Yura juga bersama lima musisi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. BACA JUGA:  Konser Musik Ramah Tuli Digelar Akhir Tahun Selain Yura, ada juga musisi Stevan Pasaribu (Sumatera Utara), Hindia (Jakarta), Sal Priadi (Jawa Timur), Woro Widowati (Jawa Tengah), dan Ndarboy Genk (Yogyakarta).

Dengan hadirnya enam musisi dari berbagai daerah itu menekankan pentingnya peran budaya dari budayanya masing-masing. Pasalnya, nilai yang mereka dapatkan memiliki pengaruh dalam mengembangkan identitas musik yang kemudian digemari banyak orang. ADVERTISEMENT Oleh karena itu, melalui IDentitasku menyediakan fitur dan program kepada pendengar yakni hub Suara dari Indonesia yang diperbaharui. (*)


Baca selengkapnya:
https://www.genpi.co/film-dan-musik/204675/yura-yunita-sebut-budaya-sunda-jadi-inpirasinya-bermusik

Semoga Mbak Yura Yuni ini bisa mengangkat imej budaya sunda menjadi lebih baik dan lebih eksklusif. 

10 tahun lebih di Jawa Barat, ane merasa Budaya Sunda semakin kesini semakin nggak ada tempat di Masyarakatnya. Semua berganti menjadi "Islami" baik di pernikahan atau di Acara penyambutan. 

Kalopun ada sekali dua kali, itu dipakai untuk komoditas politik.. Buruknya lagi, budaya Sunda dipakai untuk pesta masyarakat kecil yang tidak bertanggung jawab hingga pada akhirnya malah memperburuk imej budaya sunda tersebut. 

Entah kenapa ane merasa masyarakat Jawa Barat mudah banget menyerah untuk mempertahankan budayanya jika harus berlawanan dengan "Tidak islami/Tidak sesuai Syariah".

emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh kipas.angin.199 13-10-2022 23:59
sontolnbongol
nurade247
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
757
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.