dlogoxAvatar border
TS
dlogox
ada WNI merampok di jepang, nama Indonesia tercoreng
Nama Indonesia tercoreng di Jepang gara-gara ulah seorang WNI yang ketahuan merampok uang dari sebuah konbini alias Convenient Store di Tokyo, Jepang.

Seorang WNI atas nama Regi Carles Farah (25) melakukan tindak pidana perampokan di Tokyo, Jepang pada Jumat (28/10). Regi membobol sebuah konbini atau toko waralaba, kemudian mengambil uang tunai sebesar Rp 35.000 Yen (setara RP 3,6 juta) dari kasir.

Saat melakukan aksinya, dia mengancam seorang karyawan wanita berusia 30 tahunan dengan deodoran semprot dan korek api. Aksi Regi terekam oleh kamera CCTV.

Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo kemudian melacak Regi berdasarkan rekaman kamera CCTV yang diunduh dari berbagai tempat di Jepang. Regi ditemukan di wilayah Taito setelah polisi menelusuri rute pelariannya dari rekaman CCTV. Kepada polisi Jepang, Regi mengakui perbuatannya.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Tokyo Ali Sucipto membenarkan kasus kejahatan yang dilakukan WNI itu.
-Advertisement-

"Ya, benar," kata Ali Sucipto seperti dilansir dari Antara.
Baca juga: Sudah Buka Perbatasan, Begini Cara Apply Visa Jepang!

Ali menambahkan pihaknya akan menindaklanjuti kasus tersebut dengan menghubungi dan berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

"Kita akan kontak dengan pihak kepolisian Jepang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terlebih dahulu," katanya.
KBRI Beri Pendampingan Hukum

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan warga negara Indonesia (WNI) yang merampok toko di Tokyo, saat ini sudah ditahan di kantor polisi Akabane. KBRI akan menemui pelaku untuk memberikan pendampingan hukum.

"Saat ini kita telah mendapat jawaban mengenai akses kekonsuleran yang kita minta dan rencananya pada hari Jumat mendatang akses kekonsuleran akan diberikan dan kita kan menemui yang bersangkutan," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha dalam jumpa pers virtual, Kamis (3/11/2022) kemarin.
Baca juga: Catat! Cara Dapat Visa Waiver Jepang Buat Liburan ke Negeri Sakura

Judha mengatakan pelaku mengancam kasir toko saat melancarkan aksinya. Pelaku juga membawa kabur uang sekitar Rp 3,6 juta.

"Informasi yang kami terima, yang bersangkutan melakukan perampokan dan melakukan ancaman terhadap kasir di convenience store Lawson tersebut dengan menggunakan deodorant spray dan kemudian mengambil uang tunai di kasir tersebut dalam rupiah sekitar 3,6 juta," katanya.

Judha mengatakan Kemlu akan memberikan pendampingan hukum kepada WNI itu. "Selanjutnya kita akan melakukan pendampingan hukum kepada yang bersangkutan," pungkasnya.
Jepang Negara Teraman di Dunia

Jepang sendiri termasuk dalam Negara Teraman di Dunia. Menurut World Population Review, Institute for Economics and Peace, Jepang menduduki peringkat ke-9 negara paling aman di dunia tahun 2022.

Jepang dinilai aman karena memiliki sistem imigrasi yang cukup ketat. Di sana, akses senjata api juga terbatas. Aksi kriminalitas juga minim terjadi di negara itu.

Menurut data statistik dari UNODC pada 2016, tingkat pembunuhan di Jepang juga terbilang rendah yaitu 0,3 per 100.000 penduduk. Bahkan menurut data dari Badan Kepolisian Nasional Jepang, selama pandemi COVID-19, kasus kriminal di Jepang justru mengalami penurunan.


Baca artikel detikTravel, "Nama Indonesia Tercoreng di Jepang, Ada WNI Merampok Uang di Konbini" selengkapnya https://travel.detik.com/travel-news...ang-di-konbini.

 
emoticon-Blue Guy Bata (L)jauh jauh ke jepang untuk merampok 3 ,6 juta
bukan.bomat
Siinaga
jiresh
jiresh dan 9 lainnya memberi reputasi
2
1.5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.