• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kelak, Saya Mau Jadi Ibu Rumah Tangga yang Enggak Terobsesi Sama Pekerjaan Rumah

cangkeman.netAvatar border
TS
cangkeman.net
Kelak, Saya Mau Jadi Ibu Rumah Tangga yang Enggak Terobsesi Sama Pekerjaan Rumah


Penulis:          Thiara
Editor:           Fatio Nurul Efendi

Cangkeman.net - Sebagai cewek -yang hidup di Indonesia-, ngerjain pekerjaan rumah adalah rutinitas yang dilakukan sejak masa remaja. Lucunya, selagi bantu-bantu bersihin rumah, ibu saya selalu cerita kalo semua ini dilakukan demi masa depan saya. Biar disayang suami dan gak malu-maluin di depan mertua. Padahal, waktu itu umur saya masih jauh dari usia pernikahan.

Okelah, kebetulan ibu saya adalah salah satu orang tua yang gila kebersihan. Paling gak betah liat rumah berantakan dan anti istirahat sebelum seisi rumah bersih pol! Karena terbiasa dengan cara hidup begini, saya sendiri jadi ikut-ikutan gila kebersihan.

Saya berambisi bikin rumah selalu dalam keadaan bersih bagaimanapun situasinya. Emosi saya meluap-luap tiap kali ada orang yang sembarangan buang abu rokok setelah lantai disapu atau penghuni rumah yang asal ngambil baju dari lemari setelah saya susun serapi mungkin. Akhirnya, ya saya cape sendiri.

Ada benernya juga, kenapa orang menganggap kalo pekerjaan rumah itu gak ada beresnya. Selesai satu, muncul lagi yang baru. Meskipun udah selesai, pas penghuni lain pulang, otomatis saya ketemu lagi baju kotor yang harus dicuci, pergi nyiapin makan, muncul piring kotor baru, sampe beresin lagi ulah bocah-bocah yang bikin rumah amburadul. Siklusnya selalu sama, bersihin-selesai-berantakan-bersihin lagi. Gak pernah ada ujungnya. Gak kebayang deh, apa rasanya jadi ibu yang berpuluh-puluh tahun melakukan ini.

Setelah ngejalanin keseharian yang sama, saya mulai merasa bosan. Mulai timbul pertanyaan-pertanyaan soal rumah tangga; Sehabis menikah, apakah nanti saya akan melakukan rutinitas yang sama? Apakah suami saya marah kalo keadaan rumah berantakan? Apakah saya bakal darah tinggi tiap kali penghuni rumah ‘ngacak-ngacak’ apa yang udah cape saya benahin?

Namun setelah dipikir-pikir, sebenernya beresin kerjaan rumah tangga itu bisa jadi salah satu peran yang mudah, karena gak terikat apapun. Bisa dikerjain kapan aja, bersih atau nggak, pokonya semau saya. Beda sama pegawai di luar sana yang harus mencapai target dengan batas waktu yang ditentukan, belum lagi kerjaannya diatur sesuai instruksi atasan.

Lagian, apa mungkin ada cowok yang gak sayang pasangan karena perkara rumah berantakan? Atau mertua yang memprioritaskan calon mantu rajin bersih-bersih di atas segalanya? Bukan berarti saya pro buat bermalas-malasan, tapi ada bagusnya kalo prioritas bersih-bersih itu agak diturunin dikit.

Dari sini, saya mendapati sebuah pemikiran baru di mana semua ibu rumah tangga mungkin bisa lebih bahagia kalo gak memaksakan kewajiban yang satu ini. Jujur aja, ambisi kepengen semuanya cepet selesai itu lumayan menguras emosi dan ngenes hati. Bersih-bersih rumah, mandiin anak, ngurus sarapan suami, ngajak main dan bantu anak belajar, gak ada waktu buat merhatiin diri sendiri.

Jadi, kelak nih, rencananya saya mau jadi ibu rumah tangga yang gak terobsesi dengan keadaan rumah. Bersih-bersih rumah itu cuma rutinitas yang ditunda pun gak jadi masalah serius. Ketika kebanyakan ibu-ibu menyelesaikan semua pekerjaan rumahnya di pagi hari, gak akan jadi masalah kalo saya lebih memilih waktu siang atau sore buat menyelesaikan kerjaan itu.

Ya ... daripada diambil pusing dan cape sendiri, yang penting kewajiban buat ngurus anak dan suami, kan aman. Dan tentunya, rasa tentram buat diri saya sendiri juga jadi hal yang penting. Karena sumpah-na ge, gak ada satupun pekerjaan yang bener-bener selesai.

Tulisan ini ditulis di Cangkeman pada tanggal 17 November 2022
0
760
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.