mongabayAvatar border
TS
mongabay
3 Daerah Pemeluk Agama Konghucu Terbesar di Indonesia


Jakarta - Indonesia adalah negara yang mengakui keberadaan 6 agama, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu . Mengenai agama Konghucu, keberadaannya di Indonesia sudah ada sejak era sebelum kemerdekaan.

Hal ini diperkuat dengan ditemukannya sejumlah kelenteng, salah satunya adalah Thian Ho Kiong di Makassar pada tahun 1688. Agama Konghucu memiliki penganut paling sedikit di Indonesia.

Lantas, wilayah mana saja yang warganya paling banyak memeluk agama Konghucu? Berikut ulasannya.

1. Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) adalah daerah di Indonesia yang memiliki penganut Konghucu terbesar di Indonesia, yakni 28.017 orang. Data tersebut diketahui berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Provinsi Babel 2018.

Pada Mei 2022 lalu, pemerintah melalui Kemenag menunjuk Babel sebagai lokasi didirikannya perguruan tinggi negeri pendidikan Konghucu dengan skala internasional. Hal itu mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk anggota DPRD Babel.

2. Jawa Timur

Secara keseluruhan, jumlah penganut agama Konghucu di Jawa Timur adalah 10.600 orang. Menurut data yang diinformasikan oleh Kemenag Jatim, Surabaya adalah kota dengan penganut Konghucu paling banyak, yakni 2.600 orang. Sementara itu, jumlah Kelenteng di Jawa Timur tergolong sangat sedikit, yakni hanya 21 unit.

3. DKI Jakarta

Daerah lain di Indonesia dengan pemeluk agama Konghucu terbesar lainnya adalah DKI Jakarta. Melansir data yang ada di laman BPS, pengikut agama ini tercatat sebanyak 1.665 orang pada 2021. Melansir Jurnal Harmoni (2018) bertajuk ‘Kebutuhan Layanan Keagamaan Umat Konghucu di DKI Jakarta’, jumlah litang dan kelenteng yang dikelola sendiri oleh umat Konghucu di Jakarta hanya berjumlah 5 unit.

Umat Konghucu di Jakarta tergabung dalam Matakin (Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia) dan tersebar dalam 4 MAKIN (Majelis Agama Konghucu Indonesia), yakni di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

https://nasional.okeazone.com/amp/20...donesia?page=2

Maaf komen agak panjang, saya mau bahas sejarah yg bagi saya sangat penting.

Konghucu kan bisa dikatakan agama resmi di china, pemeluknya banyak banget disana.

pertanyaan saya, Korea Selatan, Jepang, Hongkong, dan Taiwan. Empat negara ini nenek moyangnya dari china daratan, tapi mereka kok banyak yg tidak percaya kepada konghucu ya?

Hongkong, Taiwan, dan Korsel adalah tiga negara asia dengan jumlah pertumbuhan umat Kristen yg sangat cepat, bahkan di korea selatan, Kristen disana mendominasi pemerintahan baik presiden maupun di dpr.

Begitu juga di jepang, malah mereka punya agama lokal sendiri yaitu Shinto yg dianut oleh mayoritas penduduk jepang.

jadi timbul pertanyaan dibenak saya, mengapa Taiwan Hongkong Korsel dan sebagian jepang malah kebarat baratan..

Apakah mereka tidak tau orang china itu adalah nenek moyang mereka, leluhur mereka yg harus dihormati. Mengapa orang jepang dan korsel tidak mengakui diri mereka sebagai orang china daratan ya.

padahal kita semua ini keturunan china, nenek moyang kita di china sana emoticon-Frown
accretia8
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.