shinsounAvatar border
TS
shinsoun
Permasalahkan Perempuan Bercadar, Elite Megawati Habis Dicecar: Fanatisme Jawa


Permasalahkan Perempuan Bercadar, Elite Megawati Langsung Habis Dicecar: Fanatisme Jawa...

Aktivis Faizal Assegaf ikut turun tangan menyorot tajam pernyataan kontroversial yang dilontarkan oleh Politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko.

Dirinya geram karena politikus dari partai wong cilik tersebut seperti mempersalahkan penggunaan cadar untuk kaum perempuan lewat unggahannya.

Apalagi, Budiman mengungkit bagaimana hal tersebut bukan lah interaksi antarbudaya nusantara, tetapi negeri tropis dengan budaya padang pasir.

Faizal Assegaf tak diam, dirinya mengatakan fanatisme Budiman Sudjatmiko merupakan kebodohan akut. Faizal menjelaskan, Papua dan Aceh kendati berada di luar Jawa, mereka tidak benci dengan budaya Jaawa.

"Fanatisme Jawa mu gambaran kebodohan akut. Bangsa Papua & Bangsa Aceh walau berada di luar Jawa, mrk tdk benci budaya Jawa," beber pegiat media sosial ini di linimasa Twitternya, Senin (13/2/2023).

Tak hanya itu, beber Faizal Assegaf, tak satupun kebudayaan di padang pasir yang anti terhadap Jawa. Bahkan, jauh lebih memahami dan berkontribusi besar membawa Islam.

"Dan tdk ada satupun kebudayaan di padang pasir yg anti Jawa. Mereka jauh lebih memahami geragaman & berkontribusi besar membawa Islam agar kamu jadi cerdas," bebernya.

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id.


Sebelumnya, politisi PDIP Budiman Sudjatmiko mengunggah video sejumlah perempuan bercadar sedang bermain di tanah lapang sembari bernyanyi dan dua foto sejumlah perempuan berkebaya sedang menari dan sejumlah perempuan memakai baju adat nusantara di linimasa Twitter-nya.

Ia membandingkan antara video dan dua foto yang diunggahnya itu. Menurut dia, dalam video perempuan yang bercadar itu yang terjadi adalah interaksi bukan antarbudaya nusantara, tetapi negeri tropis dengan budaya padang pasir.

"Dilihat dr pemandangannya, kemungkinan besar ini 1 desa di Jawa (saya tahu membedakan desa2 Jawa & luar Jawa). Dari logatnya, orang2 ini dr luar Jawa. Sayangnya interaksi yg terjadi bukanlah antarbudaya Nusantara: negeri tropis dgn budaya padang pasir," cuit Budiman Sudjatmiko, dikutip FAJAR.CO.ID, Senin (13/2/2022).

Sedangkan narasi pada foto perempuan berkebaya sedang menari itu, politisi PDIP menyebut ia tidak rela kehilangan apa yang pernah ditemuinya semasa kecil dulu, yakni perempuan berkebaya dan bersanggul serta menari lengger.

"Pemandangannya mirip sekali dgn desa kelahiranku. Sawah2 hijau membentang di dataran rendah, dikelilingi kebun karet. Emosi teraduk2 mengingat di masa kecilku biasa kutemui perempuan2 berkebaya & bersanggul menari lengger.. Aku gak rela ini hilang dr desaku," bebernya.

Budiman Sudjatmiko menegaskan, ia bukan etnonasionalis. "Saya BUKAN etnonasionalis atau chauvinis tp keanekaragaman sosial budaya kita yg terkaya no 2 di dunia harus dijaga,"

"Ia yg akan menyumbang ragam imajinasi pd dunia yg kian seragam mulai thn 2045. Tolak penyeragaman budaya di masa depan maupun dr masa lalu!," pungkasnya

Sumber: https://wartaekonomi.co.id/amp/read4...fanatisme-jawa

maroonia
burhan794
bukan.bomat
bukan.bomat dan 5 lainnya memberi reputasi
0
3.5K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.