• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Punya Kebiasaan Menjadi Penjilat? Stop, Jangan Sampai Mengalami Hal-hal Buruk Ini

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Kebiasaan Menjadi Penjilat? Stop, Jangan Sampai Mengalami Hal-hal Buruk Ini
Bukan sebuah perilaku baik, ini dia beberapa kerugian yang akan didapatkan saat hobi menjadi seorang penjilat


Penjilat merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan singkat seseorang yang tidak segan melakukan apapun untuk membujuk, merayu, menghasut seseorang dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan atau perhatian lebih dibandingkan dengan orang lain.

Kebiasaan menjilat ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang berstatus bawahan kepada atasan atau bos, entah itu dengan mencari perhatian menggunakan intrik khusus pura-pura aktif dan cekatan, atau melakukan cara-cara lain dengan maksud menyenangkan atasan bahkan dengan cara menjelekkan orang lain atau melaporkan keburukan seseorang kepada atasan.

Kondisi yang semacam ini seringkali dapat dilihat di dunia kerja GanSis. Tidak sedikit orang yang telah mengalami secara langsung bermasalah dengan seorang penjilat karena dikorbankan untuk kepentingan pribadi mereka.

Perlu Agan dan Sista ketahui, menjadi seorang penjilat memiliki banyak resiko dan kerugian. Meskipun terlihat diuntungkan karena dekat dengan bos atau atasan, yang sebenarnya itu juga hanya sebuah tipuan karena seorang penjilat tidak akan pernah benar-benar mendapatkan keuntungan.

Lalu apa resiko dan kerugian menjadi seorang penjilat?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Menghabiskan Energi Percuma

Menjadi penjilat entah dimanapun tempatnya, hanya akan menghabiskan energi dari Agan dan Sista.

Menjadi penjilat di kantor tidak akan membuat kalian mendapatkan kenaikan gaji, karena kenaikan gaji tidak diberikan dengan alasan seberapa dekat atau akrab dengan atasan melainkan seberapa baik kinerja untuk perusahaan.

2. Dimusuhi oleh Orang Sekitar

Resiko selanjutnya dari menjadi seorang penjilat adalah dimusuhi oleh orang-orang sekitar.

Tidak ada seorang pun yang suka terhadap seseorang yang memiliki hobi sebagai penjilat, karena seorang penjilat tidak jauh-jauh dari sifat munafik dan suka bermain tipu daya.

Kebanyakan orang merasa menyesal pernah kenal atau dekat dengan penjilat, karena hubungan baik pun tidak lebih hanya dianggap sebagai modus oleh si penjilat untuk lebih banyak tahu tentang rahasia seseorang.

3. Terlibat Masalah

Selain akan dimusuhi oleh orang sekitar, resiko dan kerugian dari seorang penjilat yaitu akan terlibat masalah dengan orang lain yang mungkin menjadi korban.

Teganya seorang penjilat kepada orang lain memang tidak pernah pandang bulu, meskipun itu saudara dekat atau sahabat sekalipun, selagi menguntungkan untuk dikorbankan maka mereka akan mengorbankan demi keuntungan pribadi.



Berikut tadi GanSis beberapa resiko dan kerugian yang akan didapatkan saat memiliki hobi atau kebiasaan menjadi penjilat.

Tentu apapun maksud dan tujuan kalian menjilat atasan atau siapapun, jika akan mengorbankan orang sekitar maka itu bukan sebuah tindakan dan perilaku yang bijak untuk dilakukan.

Jangan pernah mencari keuntungan dari kesusahan atau dengan mengorbankan orang lain, karena karma pasti akan ada dan datang tanpa disangka-sangka.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
64m64n9s
madjoeki
moonray7192
moonray7192 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.8K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.3KThread25.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.