gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Gelar Seminar, Fraksi NasDem MPR Bahas Politik Beretika dalam Pemilu
Jakarta - Sekretaris Fraksi Nasdem MPR RI Syarief Abdullah Alkadrie membuka Seminar Fraksi Partai NasDem MPR RI di Hotel Sentral, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (9/9). Mengusung tema 'Peran Masyarakat Dalam Mengawal Politik Beretika', seminar ini menghadirkan berbagai narasumber dari Fraksi NasDem.
Di hadapan peserta, Syarief mengingatkan pentingnya pelaksanaan pemilu beretika. Ia pun meminta agar semua pihak mengambil bagian dalam menyukseskan pemilu sebagai upaya kerja kolektif.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Siar Anggretta Siagian menjelaskan soal peran perempuan dan organisasi dalam menyelamatkan peran politik kebangsaan, khususnya pada Pemilu 2024. Sebagai inisiator sekaligus penggagas tema seminar, ia berterimakasih kepada semua pihak yang telah berjuang mensukseskan seminar ini.

"Terima kasih yang besar kepada Pimpinan Fraksi NasDem MPR RI, Kk Taufik Basari, Kk Syarief Abdullah Alkadrie, Kk Fadholi, yang telah bersama Pimpinan Lembaga Polikrasi - Politik dan Demokrasi, semoga semua kebaikan yang dikerjakan bersama ini menjadi berkah bagi semua. Terimakasih juga kepada Kk Tenaga Ahli Fraksi NasDem MPR RI, Kesekjenan MPR RI, Kesekretariatan Fraksi NasDem MPR RI, Panitia teknis dan seluruh peserta yang telah berkorban. Semoga senantiasa sehat dan sukses dalam kerja dan karier," ujar Siar dalam keterangannya, Selasa (12/9/2023).

Dalam kesempatan ini, Siar juga mengajak semua pihak untuk berjuang melakukan politik beretika dan bermoral. Menurutnya, kerja politik harus dibarengi dengan kerja sosial.

Di sisi lain, Bendahara Fraksi NasDem MPR RI Fadholi menyebut masyarakat harus menjadikan pemilu sebagai momentum memelihara politik beretika. Adapun hal ini dapat diwujudkan melalui pemilihan pemimpin yang berkualitas.

Sementara itu, anggota Fraksi NasDem MPR Eva Yuliana menegaskan pentingnya kolaborasi seluruh pihak dalam mewujudkan politik beretika. Menurutnya, kekuatan politik dapat merubah tatanan kehidupan yang lebih baik.

Dalam berpolitik, Eva juga menekankan pentingnya belajar dari berbagai sejarah kepemimpinan.

"Kita harus menjaga dan merawat bangsa ini sebagai upaya meneruskan dan menghormati para pendahulu bangsa ini. Kita harus lebih sadar akan betapa bangsa ini lahir dengan darah dan air mata, jadi kita harus dan wajib menjaga dan merawatnya dengan sepenuh hati. Apa yang sedang diinisiasi oleh Siar Anggretta Siagian di Jakarta Timur ini adalah hal yang baik yang dapat dilihat sebagai praktik politik yang berbasis etik dan kesantunan," jelasnya.

Anggota Fraksi NasDem MPR lainnya, Charles Meikyansyah mengungkapkan media harus menjadi garda terdepan dalam menyuarakan nilai politik beretika. Ia pun mendukung apa yang sedang digerakkan oleh Siar dalam mewujudkan peran politik beretika di Jakarta Timur, khususnya kecamatan Duren Sawit, Jatinegara dan Kramat Jati.

"Apa yang sedang dilakukan Siar Anggretta Siagian itu, dalam upaya mendorong masyarakat untuk aktif dan beretika menjadi kerja kita semua," katanya

Selain itu, anggota Fraksi NasDem MPR Irma Suryani menilai politik lima tahunan harus disikapi dengan bergembira. Sebagai Kapoksi Komisi IX, ia juga mengingatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya perempuan harus menjadi fokus perjuangan.

"Kita anak bangsa harusnya menjadi bagian penting dalam menyuarakan kebaikan dan kebenaran demi menghasilkan pemimpin yang berintegritas dan bermoral," jelasnya.

Sebagai narasumber pakar, Dr. Suyoto mengatakan politik beretika harus diwujudkan dengan para politisi yang memiliki moral dan kesantunan. Hal ini sejalan dengan yang selama ini diajarkan oleh Surya Paloh.

"Kita harus pahami sebagai sebuah upaya besar dalam mewujudkan praktik politik yang beretika. Etika tidak hanya diucapkan dalam kata, tetapi jauh dari itu harus diwujudkan dalam praktik. Semua harus masuk dalam gelombang perubahan sebagaimana apa yang digerakkan oleh Partai NasDem," ucapnya.

Turut hadir secara daring, Anies Rasyid Baswedan juga memberikan penguatan terkait pentingnya kerja sama dalam membangun bangsa.

"Ini bukan perkara satu orang, ini bukan perkara satu partai, tetapi ini berbicara tentang semua. Ini kita berbicara tentang keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tutupnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri 200 orang peserta dari berbagai latar belakang profesi. Pertemuan ini disebut menjadi apresiasi dalam semua praktik yang dihadirkan NasDem melalui Gerakan Perubahan, Restorasi Indonesia.

https://news.detik.com/berita/d-6926...a-dalam-pemilu

Konten Sensitif


emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
bas4ra
vizum78
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
302
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.