soeirjani124Avatar border
TS
soeirjani124
5 fungsi payung selain melindungi diri dari hujan dan panas


Selama ini, banyak orang menganggap payung hanya berfungsi untuk melindungi diri dari hujan dan panas. Ternyata, anggapan tersebut salah besar. Payung dapat dimanfaatkan di luar kedua hal tersebut.

Hebatnya, kamu pun dapat menggunakan kembali payungmu yang rusak untuk dijadikan sesuatu yang unik. Penasaran kan apa saja kegunaan payung selain untuk melindungi diri dari hujan dan panas? Yuk, simak list berikut!

1.sebagai dekorasi luar ruangan


Kumpulan payung sebagai dekorasi luar ruangan (outdoor) sudah biasa dijumpai saat ini. Dekorasi ini sering dijumpai pada objek wisata, pesta pernikahan outdoor, maupun acara lainnya. Payung berwarna-warni yang digantung di langit-langit dapat menjadi background fotomu yang apik.

Jika kamu bukan seorang dekorator, kamu bisa mendekor sendiri di rumahmu dengan beberapa payung. Gantung beberapa payung tersebut di ruangan yang luas di rumahmu

2.sebagai mainan layang layang


Jika kamu memiliki payung yang rusak, jangan dibuang dulu. Kamu bisa memodifikasi payungmu yang rusak menjadi layang-layang, lho! Dilansir Instructables Outside, kamu harus melepaskan jahitan pada kain payung terlebih dahulu untuk membuat bentuk layang-layang yang kamu inginkan.

Kerangka layang-layang dapat kamu buat dari kerangka kawat dari payung tersebut. Setelah selesai, ikatkan benang yang kokoh dan panjang pada kerangka layang-layang. Pastikan benang tersebut masih terhubung pada gulungan benang yang menjadi pegangan saat kamu memainkan layang-layang.

3.sebagai pelindung pot tanaman


Ternyata, payung bisa digunakan sebagai pelindung dan pot tanaman, lho! Kedua benda ini dapat dibuat dari payung yang masih utuh dan payung yang rusak.

Sebaiknya, kamu menggunakan payung yang rusak sebagai pot tanaman dan payung utuh sebagai pelindung tanaman di taman. Payung sebagai pelindung tanaman berfungsi untuk melindungi tanaman yang tidak bisa terkena hujan lebat.

Untuk menggunakan payung sebagai pot, isi bagian dalam payung dengan tanah dan tanam bagian atas payung (bukan tangkai untuk memegang payung) ke dalam tanah. Sebaiknya, bunga yang ditanam pada pot tersebut adalah bunga yang membutuhkan sedikit air, seperti begonia, geranium, marigold, dan lain-lain.

4.sebagai payung sensori


Dilansir Sense Scotland, payung sensori adalah payung yang berfungsi membantu para bayi dan balita untuk mengeksplorasi kepekaannya. Gunakan payung utuh untuk membuat payung sensori untuk menghindari kerangka dan bentuk payung rusak yang membahayakan bayi dan balita.

Kamu cukup menghias payung dengan pita berwarna-warni dan mainan kecil yang digantung. Mainan kecil tersebut contohnya berupa miniatur ikan yang digantung. Letakkan payung sensori di atas tempat tidur bayi dan balita supaya mereka bahagia ketika bangun tidur dengan melihat payung tersebut.

5.untuk memfokuskan cahaya lampu pada photography


Jika kamu bekerja di studio foto atau sebagai fotografer, kamu akan melihat payung yang digunakan untuk memfokuskan cahaya pada pemotretan. Payung tersebut dinamai "payung fotografi".

Payung fotografi berbeda dengan payung yang kamu pakai sehari-hari karena tidak ada pegangan di bawahnya. Payung tersebut tidak dapat dibuat dari payung biasa. Cara menggunakannya adalah digantungkan pada holder lampu yang menyebarkan cahaya pada objek foto (lampu seakan-akan dilindungi oleh payung).

Selain itu, payung fotografi hanya tersedia dengan warna hitam dan putih. Untuk lokasi luar ruangan (outdoor), lebih baik menggunakan payung berwarna hitam yang dapat mencerahkan objek foto. Payung fotografi berwarna putih digunakan untuk menyebarkan cahaya untuk objek foto yang luas, sebagaimana dilansir Expert Photography.

Tentu saja kamu merasa kagum karena fungsi payung seluas yang dijelaskan pada list di atas. Jadi, tidak bingung lagi kan untuk memanfaatkan payungmu sebaik mungkin, baik yang utuh maupun tidak?






0
91
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.