• Beranda
  • ...
  • Opini
  • Punya Orang Tua yang Rewel dan Suka Ngomel? Begini Cara Mengurusnya! [Kompetisi KGPT]

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Orang Tua yang Rewel dan Suka Ngomel? Begini Cara Mengurusnya! [Kompetisi KGPT]
Punya orang tua yang susah diurus karena rewel dan suka mengomel?
Begini tips dan cara menanganinya!


Agan-agan sekalian, pernah gak sih kalian merasa lelah banget ketika harus mengurus orang tua yang sering mengomel?
Sebenarnya gimana ya GanSis, mengurus orang tua memanglah menjadi tanggung jawab anak-anaknya karena memang seorang anak pun juga telah dibesarkan oleh orang tuanya dengan kasih sayang penuh. Tapi memang seringkali kesabaran setipis tisu saat harus mengasuh dan menghadapi orang tua dengan segala bentuk kerewelannya.

Nah, ane mau bagi tips nih biar agan-agan bisa lebih santai menghadapinya. Siapa tau ada yang cocok dan bisa bermanfaat buat sista-sista juga. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!




Pertama-tama, yang penting banget adalah memiliki kesabaran yang tinggi. Kita harus ingat bahwa lansia adalah orang tua kita sendiri, yang pernah merawat dan mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Jadi, wajar dong mereka kadang mengomel dan cerewet, apa lagi menurut beberapa study menjelaskan bahwa hampir semua orang yang sudah menginjak usia lansia, mereka akan mengalami penurunan daya ingat dan kekuatan fisik sehingga mereka cenderung hidup dalam rasa serba salah.

Sebisa mungkin, kita harus mendengarkan apa yang mereka sampaikan tanpa membantah atau melawan omelan mereka. Meskipun terkadang hal ini bisa bikin kita lelah dan pusing, tapi kita harus kuat, sista!

Selanjutnya, kita juga harus memahami emosi yang mereka rasakan. Apakah orang tua kita cemas, sedih, atau marah? Tiga jenis emosi ini perlu dihadapi dengan cara yang berbeda. Jadi, kita harus pintar mengatur diri dan merespons emosi mereka dengan bijak. Jangan terlalu keras kepala atau terbawa emosi, ya. Ingat, kita harus tetap hormati dan sayangi mereka.

Teknologi memang memberikan kemudahan buat orang tua dalam mencari informasi atau pola pengasuhan anak yang tepat. Tapi, kita harus hati-hati menggunakannya. Banyak banget orangtua yang kecanduan ponsel dan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar. Kita sebagai anak harus bisa mengingatkan mereka dan mengajak mereka berinteraksi secara fisik. Dengan begitu, kita bisa membangun kedekatan yang lebih baik dan melepaskan hormon oksitosin yang membuat kita merasa lebih dekat.



Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita coba untuk mengurus orang tua yang sering rewel dan suka mengomel. Selain harus memiliki kesabaran yang tinggi dan memahami emosi mereka, kita juga harus paham bahwa usia tua sangat rentan dengan menurunnya daya ingat mereka atau lebih sering disebut pikun. Jika Agan dan Sista tidak bisa menyikapinya dengan sabar dan bijak, maka kalian sendiri yang akan merasa sakit hati, capek, bahkan juga stress.

Jadi, mari kita tunjukkan rasa hormat, sayang, dan sopan santun kita kepada orang tua kita yang telah memberi kita kasih sayang sepanjang hidup. Semoga tips ini bisa membantu agan-agan dan sista-sista dalam menghadapi orang tua yang sering marah dan mengomel. Keep calm and take care of our beloved parents!




Penulis:@masnukho©2023
Narasi
KGPT dan ulasan pribadi
Sumber gambar
1,2,3,4
agamnaufal
abunabil19
annisamutiara02
annisamutiara02 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
415
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Opini
Opini
243Thread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.