• Beranda
  • ...
  • Education
  • Negara-negara ASEAN dengan Rasio Utang Tertinggi, Indonesia Tergolong Aman!

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Negara-negara ASEAN dengan Rasio Utang Tertinggi, Indonesia Tergolong Aman!













Negara-negara ASEAN dengan Rasio Utang Tertinggi, Indonesia Tergolong Aman!

Di era globalisasi seperti sekarang ini tentu hampir semua negara memiliki hutang untuk menjalankan roda perekonomiannya ya gansist, baik utang luar negeri maupun dalam negeri. Sebenarnya sangat berguna juga untuk menggenjot laju perkembangan Indonesia di segala bidang, asalkan rasio utangnya tidak lebih besar dari pendapatan masuk Indonesia itu sendiri.

Dan ternyata untuk skala negara-negara anggota ASEAN Indonesia lumayan bagus lho, karena ada di peringkat ketujuh dengan rasio 39%. Sedangkan Brunei Darussalam jadi juaranya dengan rasio hutang terhadap PDB cuma 2,3%, dengan ini berarti Indonesia tergolong masih aman dan sesuai dengan UU Nomor 17/2003 tentang Keuangan Negara yakni batas maksimumnya di level 60%.


Quote:





Namun, perlu diperhatikan bahwa meskipun Indonesia memiliki utang luar negeri yang besar, hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Kepala Ekonom Bank Dunia Kawasan Asia Timur dan Pasifik mengungkapkan bahwa utang yang lebih tinggi tidak hanya terjadi pada negara atau pemerintah saja, tetapi juga pada sektor korporasi dan rumah tangga. Ini menunjukkan bahwa utang bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan ekonomi suatu negara.

Tentu saja, pemerintah perlu melakukan pengelolaan utang yang baik dan efektif agar tidak memberatkan ekonomi negara. Namun, kita juga tidak perlu terlalu takut atau kurang percaya diri terhadap utang yang dimiliki. Bagaimanapun, ekonomi Indonesia terus berkembang dan maju. Perlu ditekankan bahwa rasio utang hanyalah salah satu aspek dari keadaan ekonomi suatu negara, dan tidak bisa dijadikan ukuran tunggal untuk menilai keberhasilan suatu negara.

Sebagai negara dengan populasi dan potensi ekonomi yang besar, Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk terus tumbuh dan mengurangi ketergantungan pada utang luar negeri. Dalam upaya mencapai hal ini, pemerintah perlu mengedepankan kebijakan ekonomi yang berkelanjutan dan mendorong investasi dalam negeri. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan Indonesia dapat mengurangi rasio utang dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Sumber Tulisan dan Gambar:

[url=https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.cnbcindonesia.com/research/20240305082402-128-519656/negara-asean-dengan-rasio-utang-tertinggi-ri-nomor-berapa%23:~:text%3DIndonesia%2520ada%2520di%2520peringkat%2520tujuh%2520dengan%2520rasio%252039%2525.&ved=2ahUKEwiR-f-5yd6EAxXW-DgGHe6CBv4QFnoECA4QBQ&usg=AOvVaw2j9gWIagm-zN0dznv41Q1k]1[/url]

2
kasihudin
eno.niken
bobibotaktak
bobibotaktak dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.