mnotorious19150Avatar border
TS
mnotorious19150
Antropolog New York University Ungkap Alasan Orang Ingin Dapat Gelar Habib


TEMPO.CO, Jakarta - Penipuan yang mencatut Rabithah Alawiyah, organisasi Islam yang memberi legitimasi eksklusif kepada mereka yang memiliki garis keturunan Nabi Muhammad di Indonesia dibongkar oleh Polda Metro Jaya. Ada enam pemohon yang menjadi korban atas tindakan tidak terpuji ini. 

Antropolog Islam dari New York University, Ismail Fajrie Alatas  mengatakan gelar habib dinilai prestisius di masyarakat karena bisa menjadi modal untuk mencapai kekuasaan religius. Padahal, kata Ismail, predikat habib itu melekat secara eksklusif sejak lahir kepada mereka yang keturunan Nabi Muhammad. 

Ismail mengatakan, tidak sedikit orang menginginkan gelar habib karena melihat pengaruh predikat itu yang besar di masyarakat.  Apalagi di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, seorang habib seringkali dimuliakan dan mendapat penghormatan yang sangat besar. 

“Mungkin karena itu ada orang-orang yang menginginkan sertifikasi tersebut hingga membuka peluang pemalsuan nasab,” kata Ismail seperti dikutip Koran Tempo pada Rabu, 6 Maret 2024. 

Penyidik Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah menangkap pria berinisial JMW pada 28 Februari 2024 di Bulak Simpul, Kalideres, Jakarta Barat. JMW belakangan disorot karena mencatut nama Rabithah Alawiyah untuk menipu mereka yang ingin menyandang predikat habib. 

tempo.co
khususfilm
jakenesse
aldonistic
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
680
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.